Bupati panen perdana kopi robusta di Kahingai

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hendra lesmana, panen kopi robusta, kahingai, belantikan raya

Bupati panen perdana kopi robusta di Kahingai

Bupati Lamandau Hendra Lesmana perdana kopi robusta di Desa Kahingai, Kecamatan Belantikan Raya, Minggu (13/8). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana melakukan panen perdana kopi robusta di Desa Kahingai, Kecamatan Belantikan Raya, Minggu (13/8).

“Melihat hasil panen hari ini, kita mulai berani mencanangkan pada 2024 komoditas kopi ini akan menjadi primadona di Kabupaten Lamandau, karena kita sudah melihat hasilnya," kata Hendra Lesmana.

Panen perdana bibit kopi robusta ini sekaligus memastikan Program Perluasan Tanam Kopi Robusta di Desa Kahingai, hasil kesepakatan bersama tiga pihak antara Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Pemerintah Kabupaten Lamandau dan PT Sulotco Jaya Abadi, sudah mulai berproduksi.

"Sehingga diharapkan ke depan dapat menghasilkan dan berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani," jelasnya.

Hendra berharap 2025-2026 Kabupaten Lamandau dikenal dari produknya saat wisatawan datang ke Lamandau, bukan hanya produk skala industri tetapi juga skala rumah tangga.

"Seperti halnya kopi yang akan menjadi pionir di Kabupaten Lamandau bahkan di Kalimantan Tengah," tuturnya.

Baca juga: Bupati Lamandau: Pers miliki peran penting dalam pembangunan

Lebih lanjut dia mengingatkan para petani agar kebun kopi ini suatu saat nanti tidak dialihfungsikan ke komoditas lainnya, sehingga mengganggu tujuan utama yaitu mengangkat penghasilan dan derajat ekonomi masyarakat dari aspek budi daya kopi.

Menurutnya pemerintah kabupaten bersama masyarakat harus saling berkomitmen dan sudah ditetapkan bahwa kopi ini akan menjadi produk unggulan.

"Semua pihak harus mampu mewujudkan pembangunan kebun kopi yang ada di Kabupaten Lamandau," harapnya.

Di sela kegiatan tersebut, juga sekaligus diserahkan bantuan sebanyak 22 ekor kambing ternak untuk Kelompok Tani Harapan Rantau, 9 ekor kambing untuk Kelompok Tani Hona Angkat, 9 ekor kambing untuk Kelompok Tani Harapan Mulia dan bantuan ternak ayam buras dan itik untuk Kelompok Tani Harapan Baru, Maram Bersatu, Sepakat Sukses dan Tani Sejahtera.


Baca juga: Festival Babukung menjadi daya tarik unggulan Lamandau

Baca juga: Hari Jadi ke-21 Lamandau, terus berinovasi memajukan daerah

Baca juga: Hadiri HUT ke-21 Lamandau, DPRD Kalteng minta pembangunan terus digencarkan