Anggota Paskibra Barut ikuti karya wisata duta belia ke Kaltim

id paskibra barito utara,wisata,ikn,kaltim,barito utara,kalteng

Anggota Paskibra Barut ikuti karya wisata duta belia ke Kaltim

Anggota Paskibra Kabupaten Barito Utara 2023 saat akan melaksanakan kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibraka ke IKN, Kaltim bersama KesbangPol setempat di Muara Teweh, Kamis (31/8/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) setempat melaksanakan kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibra ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 72 purna pasukan pengibar bendara (Paskibra) Kabupaten Barito Utara 2023, baik pelatih, pasukan pengawal (paswal) dan purna paskibra serta pendamping. 

Plt Kepala KesbangPol Barito Utara Rayadi mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Barito Utara kepada pasukan Paskibra 2023 yang telah sukses melaksanakan tugas dalam pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023.

“Untuk itu kami dari KesbangPol Barito Utara bermaksud untuk memberikan apresiasi kepada mereka dengan melaksanakan kegiatan tour Karya Wisata Duta Belia Paskibra ke IKN," katanya.

Dikatakan Rayadi, kegiatan tour ini bertujuan selain bentuk penghargaan atau reward dari Pemkab Barito Utara untuk anggota purna Paskibraka, juga untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan terkait IKN.

"Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal keberangkatan Kamis (31/8) sampai 4 September 2023. Beberapa tempat rencananya akan dikunjungi rombongan peserta dalam peningkatan wawasan kebangsaan dari anggota Paskibra  2023," katanya.

Dijelaskan Rayadi, kunjungan antara lain, Sabtu (2/9/2023) mengunjungi Museum Mulawarman Tenggarong, kunjungan ke Islamic Center Samarinda. Pada Minggu (3/9/2023) persiapan menuju IKN. 

Menurut Rayadi kegiatan ini bersifat edukasi dan wisata alam yang bertujuan untuk mengenal Indonesia lebih dekat dan untuk masalah izin para peserta kegiatan, secara administratif sudah diselesaikan di sekolah serta pimpinannya masing-masing.

“Para pelajar ini sudah mendapat dispensasi dari sekolah untuk mengikuti kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibra,” kata dia. 

Dirinya juga berpesan kepada anggota Paskibra Barito Utara 2023, agar mempersiapkan diri mulai dari sekarang jika ingin berhasil di masa yang akan datang. 

“Tidak mudah menjadi orang yang berhasil tanpa melalui persiapan, dan salah satu kunci menjadi orang sukses yaitu sikap disiplin. Disiplin itu perlu, dan Paskibra disiplinnya sudah terlatih, jadi tinggal dijaga saja," pungkasnya.