Masyarakat Kobar diminta rutin olahraga dan jaga kebersihan lingkungan

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, kalteng, olahraga di kobar

Masyarakat Kobar diminta rutin olahraga dan jaga kebersihan lingkungan

Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa saat menyampaikan sambutan pada acara Jalan santai, Kamis (28/9/2023) ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa mengajak seluruh masyarakat di wilayah setempat, agar terus dan meningkatkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga serta bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Pemerintah daerah juga akan membuat jadwal olahraga bersama secara rutin yang dapat diikuti oleh masyarakat dan selurut organisasi perangkat daerah (OPD) di kabupaten ini, kata Budi Santoso di Pangkalan Bun, Jumat.

"Saya minta jadwal olahraga bersama itu pada hari minggu, dan seluruh OPD di lingkungan pemkab untuk mengikutinya. Kecuali ASN yang sedang mengikuti ibadah di hari Minggu," tambahnya.

Menurut dirinya, menjaga kesehatan jasmani itu sangat penting, salah satunya dengan berolahraga ini, relatif sulit untuk menerapkan secara rutinitas tersebut. Untuk itu, harus diawali secara paksa.

"Kalau tidak dipaksa akan sulit untuk memulainya. mohon dukungan masyarakat sekalian, agar rajin olahraga bisa diterapkan di Kobar," kata Budi Santoso,

Tidak hanya mengajak masyarakat hidup sehat dengan berolahraga saja, Budi juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

"Jaga kebersihan juga menjadi fokus utama untuk kesehatan, jadi tolong bila ketemu sampah dibawa, dikumpulkan dan kemudian dibuang ke tempat sampah," pesannya.

Budi Santoso menyampaikan bahwa dirinya ingin membuat surat edaran kepada seluruh warga Kabupaten Kobar, untuk selalu menyediakan tempat sampah, baik di lingkungan rumah, kantor ataupun saat bepergian.

Baca juga: Disperpusip Kobar optimalkan TPBIS pacu peningkatan pelayanan

"Ternyata beberapa kali kami melihat orang bawa mobil itu sampah dilempar lewat jendela mobil, ini saya yakin bukan kebiasaan orang Kotawaringin Barat ini, makanya itu harus disediakan tempat sampah di mobilnya masing-masing," ucapnya.

Hal tersebut disampaikan pada saat jalan santai yang di selenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Barat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Kobar ke 64.

"Kami berharap, tersedianya tempat sampah di lingkungan masing-masing, maka di sekitar lingkungan Kabupaten Kobar akan semakin bersih dan indah," demikian Budi Santoso.

Baca juga: Distan Kobar gandeng PT Pupuk Indonesia distribusikan pupuk nonsubsidi

Baca juga: Pemkab gandeng BNNK wujudkan desa di Kobar bersih dari narkoba

Baca juga: Pemkab Kobar tingkatkan kenyamanan lingkungan melalui lomba kebersihan