Perangkat daerah di Gumas diminta percepat realisasi pelaksanaan pembangunan

id Perangkat daerah di Gumas diminta percepat realisasi pelaksanaan pembangunan, kalteng, gumas, Gunung mas

Perangkat daerah di Gumas diminta percepat realisasi pelaksanaan pembangunan

Penjabat Sekda Gunung Mas Richard (kiri) didampingi Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia, saat memimpin rapat   koordinasi pengendalian dan evaluasi realisasi pelaksanaan APBD triwulan III 2023 di Kuala Kurun, Kamis (5/10/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong meminta perangkat daerah di lingkup pemerintah kabupaten setempat agar mengambil langkah strategis guna mempercepat realisasi pelaksanaan pembangunan.

Dengan demikian, anggaran dan hasil pembangunan bagi masyarakat dapat segera terealisasi, ucapnya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah Richard, saat membuka rapat   koordinasi pengendalian dan evaluasi realisasi pelaksanaan APBD triwulan III tahun anggaran 2023 di Kuala Kurun, Kamis.

“Berdasarkan data realisasi yang disampaikan perangkat daerah kepada Bappedalitbang Gunung Mas per 3 Oktober 2023, dapat digambarkan kondisi ABPD triwulan III untuk pendapatan daerah sebesar 59,84 persen dan belanja daerah sebesar 58,37 persen,” sambungnya.

Target penyerapan APBD Gunung Mas triwulan III 2023 adalah sebesar 85 persen. Jika melihat dari realisasi penyerapan, dapat diartikan kinerja perangkat daerah masih tidak optimal.

Oleh sebab itu, hal tersebut hendaknya menjadi perhatian bersama, untuk segera mengambil langkah-langkah strategis demi percepatan penyerapan anggaran di triwulan IV di akhir 2023 nanti.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas minta kinerja pekerja non ASN semakin baik

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Gunung Mas, Yantrio Aulia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan data capaian target anggaran pendapatan dan penerimaan Daerah, baik itu yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer, dan Lain – Lain Pendapatan Daerah Sah lainnya.

Tujuan lainnya adalah untuk menyampaikan data capaian belanja daerah, baik yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Non Fisik, serta dana desa baik keuangan dan fisiknya.

Kemudian menyampaikan data realisasi keuangan dan fisik proyek strategis tahun 2023 serta pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan menyampaikan kendala permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan.

“Peserta kegiatan ini adalah unsur Forkopimda, seluruh pejabat eselon II, camat, serta pejabat eselon III yang diundang,” demikian Yantrio Aulia.

Baca juga: Pemkab Gumas libatkan seluruh komponen dalam memerangi narkotika

Baca juga: Pemkab Gumas berupaya kembangkan SDM pelaku pariwisata

Baca juga: Pemkab Gumas gandeng BPJS Ketenagakerjaan lindungi ribuan pekerja rentan