Bawaslu Kapuas gandeng media massa perkuat pengawasan Pemilu 2024

id bawaslu kapuas, badan pengawas pemilu, pemilu 2024, kuala kapuas, pesta demokrasi, kapuas

Bawaslu Kapuas gandeng media massa perkuat pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Kabupaten Kapuas, saat menggelar media gathering/ caffé morning kepada sejumlah wartawan media massa di daerah setempat, Jumat (20/10/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggandeng media massa untuk semakin memperkuat pengawasan pelaksanaan berbagai tahapan Pemilu 2024.
 
“Kami mengajak teman-teman wartawan untuk bersinergi dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu, sehingga tercipta pesta demokrasi yang bersih, jujur dan adil,” kata Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Hal itu disampaikannya saat menggelar pertemuan bersama awak media di daerah setempat. Kegiatan bertujuan untuk menjalin mitra dalam rangka mempublikasikan tugas-tugas pengawasan Bawaslu hasil penanganan pelanggaran.
 
"Juga menggandeng teman-teman wartawan bersama-sama sebagai pemberi informasi melakukan pengawasan partisipatif," tuturnya.
 
Menurutnya, insan pers berperan penting dalam menyukseskan penyelenggara Pemilu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menolak money politic atau politik uang.
 
“Peran media juga sangat penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024,” jelasnya.

Baca juga: Para ibu di Desa Basungkai belajar memanfaatkan minyak jelantah untuk berbagai keperluan
 
Melalui kegiatan ini, ia berharap penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar. Di sisi lain, penyelenggara Pemilu bisa mendapatkan informasi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya apa yang boleh dan tidak dalam Pemilu.
 
“Karena di Pemilu itu ada pidananya, jangan sampai ketidaktahuan masyarakat berujung ke pidana,” demikian Iswahyudi Wibowo.
 
Sementara itu kegiatan tersebut mengusung tema ‘Pencegahan Pelanggaran Kampanye Pemilu 2024 dan Hasil Pencermatan Rancangan DCT’.
 
Materi pokok dalam kegiatan kali ini disampaikan langsung Ketua Bawaslu Iswahyudi Wibowo, di antaranya terkait pelanggaran aturan yang berpotensi menjadi sengketa Pemilu dan menjadi objek pengawasan oleh Bawaslu.

Baca juga: Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah jaga stabilitas harga

Baca juga: Kalteng gencarkan Gerakan Pangan Murah jaga stabilisasi harga beras

Baca juga: Pacu peningkatan PAD, DPRD Kapuas setujui raperda pajak dan retribusi daerah