Dinas Pendidikan Barito Utara gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

id festival tunas bahasa ibu barut,dinas pendidikan,bahasa bakumpai,barito utara,kalteng,barut

Dinas Pendidikan Barito Utara gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Dinas Pendidikan Barito Utara menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten (FTBITK) tahun 2023 diikuti 14 sekolah tingat SD dan SMP setempat di Muara Teweh, Sabtu (21/10/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten (FTBITK) 2023 diikuti para pelajar SD dan SMP setempat.

"Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat kabupaten di daerah, Tunas Bahasa Ibu yang dilombakan adalah bahasa Bakumpai yang dikemas dalam enam cabang lomba," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Barito Utara Samsul Astorijaya di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, festival berbahasa Bakumpai ini bertujuan dalam upaya pengimbasan sebagai tindak lanjut dan revitalisasi bahasa Bakumpai yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalteng pada kegiatan pelatihan guru master yang telah dilaksanakan pada Mei 2023 di aula Dinas Pendidikan.

Kegiatan ini, kata dia, diikuti sebanyak 60 orang dari jenjang SD 7 sekolah dan jenjang SMP 7 sekolah dengan jumlah sekolah yang ikut dalam kegiatan FTBITK sebanyak 14 sekolah yang ada di daerah setempat.

Adapun keenam cabang lomba yang dilombakan yaitu Pantun Berbahasa Bakumpai, Pidato Berbahasa Bakumpai, Cerpen Berbahasa Bakumpai, Mendongeng Berbahasa Bakumpai, Stand Up Comedy Berbahasa Bakumpai dan Karungut Berbahasa Bakumpai.

"Penjaringan peserta didik yang terpilih Insyaallah ada 12 orang untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Kalteng dilaksanakan di Barito Selatan pada tanggal 14-15 November 2023," kata dia.

Baca juga: Pemkab Barito Utara komitmen penuhi modal disetor ke Bank Kalteng

Baca juga: Pemkab Barut gelar FGD dokumen pengelolaan keanekaragaman hayati

Baca juga: Pj Bupati Barito Utara minta ASN jaga netralitasnya di tahun politik