Legislator berharap Gedung Kaharingan Center Gunung Mas dimanfaatkan secara maksimal

id Legislator berharap Gedung Kaharingan Center Gunung Mas dimanfaatkan secara maksimal, kalteng, gumas, Gunung mas, dprd gumas

Legislator berharap Gedung Kaharingan Center Gunung Mas dimanfaatkan secara maksimal

Legislator Kabupaten Gunung Mas, Polie L Mihing. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Polie L Mihing menyambut baik keberadaan Gedung Kaharingan Center yang telah terbangun dan berdiri dengan kokoh di Kota Kuala Kurun.

Gedung Kaharingan Center Gunung Mas hendaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan kegiatan umat Kaharingan, ucapnya saat memberi keterangan kepada awak media di Kuala Kurun, Senin.

“Tidak menutup kemungkinan Gedung Kaharingan Center Gunung Mas juga digunakan untuk kepentingan umum,” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini.

Menurut dia, Gedung Kaharingan Center Gunung Mas sangat diperlukan oleh umat Kaharingan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan.

Dengan telah terbangun dan diresmikannya gedung tersebut, maka saat ini umat Kaharingan di Gunung Mas memiliki tempat yang lebih representatif untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan.

Lebih lanjut, Polie yang juga selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Gunung Mas menyampaikan apresiasi kepada pemkab, yang telah bekerja sama dengan DPRD, untuk menganggarkan dan membangun gedung tersebut.

Baca juga: DPRD usulkan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas

“Kami sebagai umat Kaharingan merasa bangga dan bahagia atas berdirinya Gedung Kaharingan Center Gunung Mas. Kami menyampaikan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong meresmikan Gedung Kaharingan Center yang merupakan wujud dukungan sekaligus kepedulian pemerintah kabupaten terhadap pembinaan umat beragama, dalam hal ini umat Hindu Kaharingan.

“Pertama-tama saya ucapkan selamat dan sukses atas peresmian Gedung Kaharingan Center Gunung Mas yang kita laksanakan pada hari ini,” ucapnya usai melakukan peresmian di Kuala Kurun, Sabtu (21/10).

Dia menyebut, Gedung Kaharingan Center Gunung Mas terletak di jalan protokol Kota Kuala Kurun. Gedung ini termasuk salah satu gedung yang megah yang ada di daerah setempat.

Keberadaan gedung diharap dapat menjadi pusat bagi umat Hindu Kaharingan yang ada Gunung Mas, untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan demi kemajuan umat.

“Rawat Gedung Kaharingan Center ini dengan baik dan sungguh-sungguh, serta gunakan dan manfaatkan dengan semestinya,” demikian Jaya.

Baca juga: Mambang gantikan Arit sebagai anggota DPRD Gunung Mas

Baca juga: Sebanyak 185 peserta ikuti Festival Anak Sholeh II Gumas

Baca juga: Gedung Kaharingan Center wujud dukungan Pemkab Gunung Mas