Kurun bertekad pertahankan status juara umum di Pesparawi Gunung Mas

id Pesparawi Gunung Mas, Gunung Mas, pesparawi, gumas, kalteng, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah

Kurun bertekad pertahankan status juara umum di Pesparawi Gunung Mas

Camat Kurun Iltem (tengah) didampingi Sekcam Berjoaldi (kanan) dan lainnya memberi arahan kepada kontingen di Kuala Kurun, Selasa (24/10/2023). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Kontingen Kecamatan Kurun bertekad mempertahankan status sebagai juara umum Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) VII Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang akan diselenggarakan di Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa, 25-28 Oktober 2023.

Adapun upaya yang dilakukan untuk mempertahankan status tersebut dengan menurunkan sekitar 245 kontingen dan mengikuti semua kategori yang dilombakan pada Pesparawi VII Gunung Mas, kata Camat Kurun Iltem usai pelepasan kontingen di Kuala Kurun, Selasa.

"Sebanyak 245 kontingen yang diturunkan itu terdiri dari peserta, pianis, pelatih, dan panitia. Semoga hasilnya maksimal, dan kami bisa mempertahankan status sebagai juara umum," sambungnya.

Kategori lomba yang akan diikuti Kontingen Kurun yakni, paduan suara dewasa campuran, paduan suara pria, paduan suara wanita, paduan suara remaja, paduan suara anak, vokal solo, vokal grup, dan lainnya.

Iltem mengatakan, guna meraih hasil terbaik, Kontingen Kecamatan Kurun rutin berlatih sejak beberapa bulan lalu. Dapat dibilang kesiapan kontingen menghadapi Pesparawi VII Gunung Mas mencapai 99 persen.

"Itu yang membuat kami optimis Kontingen Kecamatan Kurun bisa bersaing dengan kontingen dari kecamatan-kecamatan lain, sekaligus mempertahankan status sebagai juara umum Pesparawi Gunung Mas," tegasnya.

Lebih lanjut, Kontingen Kecamatan Kurun menggunakan puluhan unit kendaraan roda empat untuk mengangkut kontingen menuju Tumbang Napoi. Diperkirakan rombongan dari Kurun akan bertambah, karena sejumlah masyarakat Kurun sudah menyampaikan keinginan untuk memberi dukungan langsung ke Tumbang Napoi.


Baca juga: Gunung Mas dapat kuota pelatihan dari BBPVP Bekasi

"Orang tua yang anak-anaknya ikut lomba menyatakan akan menonton dan memberi dukungan langsung ke Tumbang Napoi. Rencananya mereka akan berangkat menggunakan kendaraan pribadi," beber Iltem.

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengajak seluruh pihak di wilayah setempat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pesparawi VII Gunung Mas di Tumbang Napoi.

"Saya harap kita semua ikut ambil bagian dalam menyukseskan Pesparawi. Semoga semua berjalan dengan baik, aman dan lancar dari awal hingga selesainya kegiatan," demikian Jaya.

Baca juga: DPRD usulkan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas

Baca juga: Gedung Kaharingan Center wujud dukungan Pemkab Gunung Mas

Baca juga: Bupati lantik Richard menjadi Sekda Gunung Mas