Optimalkan peran YPTKES GKE menjawab tantangan memajukan SDM di Kalteng

id YPTKES GKE, ketua YPTKES GKE, Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, Teras Narang, kalteng, dpd ri

Optimalkan peran YPTKES GKE menjawab tantangan memajukan SDM di Kalteng

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang foto bersama dengan para pengurus YPTKES GKE di Palangka Raya, Minggu (31/10/2023). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator RI asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menilai Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Eka Sinta Gereja Kalimantan Evangelis (YPTKES GKE), memiliki peran yang sangat strategis di tengah masih besarnya tantangan dalam memajukan sumber daya manusia Indonesia, terkhusus di daerah.

Apalagi YPTKES GKE merupakan aset penting GKE mendukung cita-cita negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana tertuang di pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kata Teras Narang melalui rilis diterima di Palangka Raya, Selasa.

"Jadi, saya berharap ketua beserta pengurus YPTKES GKE periode 2003-2028, yang telah dilantik pada tanggal 29 November 2023, dapat menjalankan perannya bagi kepentingan negara, bangsa, masyarakat, dan GKE itu," ucapnya.

Ketua Dewan Pembina YPTKES GKE itu mengakui, menjadi institusi yang baik dan bergerak di bidang pendidikan, bukan perkara mudah. Meski begitu, dirinya berharap kepada Tute Lelo yang dipercaya menjadi, Mathius Hosang selaku Sekretaris, dan Susi selaku Bendahara didukung oleh wakil dan anggota serta Ketua Dewan Pengawas Thampunah Sinseng, bisa memberikan kontribusinya terhadap dunia pendidikan di Kalteng.

Teras Narang mengatakan, Universitas Kristen Palangka Raya (UKPR) yang berada di bawah naungan YPTKES GKE kedepannya semakin berkembang, menjadi pergurunan tinggi unggul, dan banyak melahirkan generasi muda Kalteng berkualitas serta mampu berkontribusi nyata terhadap kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Perlu dipikirkan bagaimana mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan berkualitas, hingga soal kesejahteraan dan kualitas tenaga pengajar ang berkarya di lembaga pendidikan yang dikelola oleh YPTKES GKE," kata dia.

Baca juga: Aset Nasional, Revitalisasi SMK GKE Mandomai perlu dukungan Presiden Jokowi

Menurut Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu, Majelis Sinode GKE telah berhasil mendorong hadirnya transformasi lewat Departemen Pendidikan dan Departemen Kesehatan. Hal itu menandakan bahwa GKE semakin memberi atensi lebih pada upaya pembangunan SDM lewat bidang pendidikan dan kesehatan.

Dia mengatakan, sekarang ini bagaimana pengurus YPTKES yang baru, perlu sejalan dengan arah Majelis Sinode GKE dalam menajamkan arahnya menghasilkan gagasan dan strategi pembangunan bidang pendidikan yang unggul ke depannya.

"Saya mengharapkan dukungan dari semua pihak, dari seluruh jemaat, mitra, dan juga tentu saja khususnya pemerintah untuk memperkuat misi Yayasan dalam membangun pendidikan unggul di daerah kita tercinta," demikian Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang ajak jemaat GKE cerdas memilih di Pemilu 2024

Baca juga: Pemprov Kalteng bersama GKE deklarasikan Gereja Ramah Anak

Baca juga: Bupati Gumas ajak pemuda GKE gunakan talenta untuk kemuliaan Tuhan