Legislator Gumas ajak semua pihak jaga Balai Karamat Raja

id Legislator Gumas ajak semua pihak jaga Balai Karamat Raja, kalteng, gumas, Gunung mas, dprd gumas

Legislator Gumas ajak semua pihak jaga Balai Karamat Raja

Legislator Kabupaten Gunung Mas Polie L Mihing (mengenakan jas) dan lainnya saat melakukan salah satu kegiatan ritual pemindahan Balai Karamat Raya di Kuala Kurun, Minggu (22/10/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Polie L Mihing mengajak seluruh pihak bersama-sama menjaga Balai Karamat Raja yang terletak di Kuala Kurun, yang baru saja dipindahkan.

“Balai Karamat Raja tersebut bukan hanya milik umat Kaharingan, tapi milik kita semua. Jadi kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaganya,” ucapnya di Kuala Kurun, Senin.

Awalnya Balai Karamat Raja berada di belakang kantor Bupati Gunung Mas. Namun karena satu dan lain hal serta dengan pertimbangan tertentu, Balai Karamat Raja dipindahkan ke sebelah kantor Dewan Adat Dayak (DAD) Gunung Mas.

Menurut Polie, sebenarnya lokasi Balai Karamat Raja yang sebelumnya juga tepat. Namun karena lokasinya di belakang kantor Bupati Gunung Mas, balai tersebut menjadi susah untuk dipantau dan rawan disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, dia menyambut baik pemindahan Balai Karamat Raja ke sebelah kantor DAD Gunung Mas. Sebab pemantauan akan lebih mudah untuk dilakukan dan balai tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Legislator dukung 'Harubuh Manugal' jadi agenda tahunan di Gumas

Polie yang juga selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Gunung Mas menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten, yang telah mendukung pemindahan Balai Karamat Raja.

“Kami merasa bangga dan bahagia dengan telah dilakukannya pemindahan Balai Karamat Raja tersebut,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini.

Sebelumnya, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Gunung Mas, Naro menyampaikan pemindahan Balai Karamat Raja Kantor Bupati dilakukan dengan sejumlah kegiatan.

Sejumlah kegiatan yang dimaksud antara lain Balian Manantan Dahiang dan penyembelihan hewan di Balai Karamat Raja, Balian Ngarunya Sahur, serta Balian Karunya pejabat dan panitia.

“Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah, yang telah memberi bantuan untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” demikian Naro.

Baca juga: Legislator Gumas dukung langkah Bupati tutup akses jalan PT ATA

Baca juga: Bupati Cup II jadi wadah generasi muda Gumas kembangkan kemampuan sepak bola

Baca juga: Berikut indikator utama terwujudnya Gunung Mas sehat