Camat: Video Paus terdampar bukan di Pantai Ujung Pandaran

id ikan paus terdampar, ikan paus terdampar di kalteng, Camat Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Dedi Purwanto

Camat: Video Paus terdampar bukan di Pantai Ujung Pandaran

Tangkapan layar video sejumlah warga menemukan seekor ikan paus terdampar di pantai yang belum diketahui pasti lokasinya. ANTARA/HO-Grup Whatsapp Keluarga Syahdan.

Sampit (ANTARA) - Camat Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Dedi Purwanto memastikan video ikan paus terdampar yang beredar di media sosial, bukan berlokasi di Pantai Ujung Pandaran.

"Bukan di tempat kita itu, tidak ada di Pantai Ujung Pandaran. Mungkin karena ikannya besar, dikira pasti dekat pantai," kata Dedi ketika dikonfirmasi dari Sampit, Kamis.

Baru-baru ini jagat maya di wilayah Kotim dihebohkan dengan video seekor ikan paus terdampar yang diduga berlokasi di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. 

Video itu diteruskan melalui grup-grup Whatsapp. Beberapa menyebutkan bahwa pembuatan video itu berlokasi di Pantai Ujung Pandaran, hal ini diperkuat dengan bahasa dan logat dari sejumlah orang ada nampak di video tersebut.

Namun, setelah ditelusuri video serupa juga disebarkan melalui media sosial facebook dengan keterangan lokasi yang berbeda. Salah satu akun yang mengunggah video itu menuliskan bahwa lokasi penemuan ikan paus terdampar itu berada di Pantai Cemantan, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau.

Sementara itu, Dedi juga mengaku tidak mendapat laporan apapun dari warganya terkait adanya paus terdampar.

"Kalau ada yang seperti ini biasanya ada saja warga yang melapor, tapi memang sejauh ini memang tidak ada," imbuhnya.

Informasi terkait ikan paus terdampar di Pantai Ujung Pandaran ini pun sempat menimbulkan kekhawatiran warga, karena kejadian demikian kerap dikaitkan dengan pertanda tsunami. Terlebih, baru-baru ini Kotim baru dilanda gempa yang sangat jarang terjadi.

"Takutnya seperti di Aceh dulu, katanya kan sebelum tsunami ada ikan paus yang terdampar. Apalagi Kotim juga sempat gempa belum lama ini," ucap salah seorang warga bernama Lina.

Kendati demikian, Lina mengaku lega setelah mengetahui informasi bahwa video ikan paus terdampar itu bukan di Kotim, sehingga kekhawatiran akan adanya tsunami diharapkan tidak pernah terjadi.

Baca juga: Sisa bangkai paus sperma yang terdampar di NTT

Baca juga: Paus mati akan ditenggelamkan di lepas pantai Teluk Osaka

Baca juga: Seekor bayi paus ditemukan terdampar di Pantai Sine