Pemkab Kapuas dan Pemkot Palangka Raya kerja sama pembangunan antar daerah

id Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Palangka Raya, kapuas, kalteng, Pj Bupati Kapuas

Pemkab Kapuas dan Pemkot Palangka Raya kerja sama pembangunan antar daerah

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dan Pj Walikota Palangka Raya Dr Hera Nugrahayu usai menandatangani Nota Kesepakatan Naskah Kerja Sama pembangunan antar daerah di Ruang Kahayan 1 Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Kamis (16/11/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan Kerja sama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam upaya pembangunan antar daerah.

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi di Palangka Raya, Kamis, mengatakan bahwa dibuatnya kerja sama itu bertujuan mempercepat pembangunan daerah, peningkatan perekonomian daerah.

"Termasuk memperkuat jaringan kerja sama antara pemerintah daerah, swasta dan masyarakat serta pelaku usaha industri lainnya," tambahnya.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat, setelah melakukan penandatangan Nota Kesepakatan Naskah Kerja Sama pembangunan antar daerah antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan Pemerintah Kota Palangka Raya, di Ruang Kahayan 1 Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya.

Penandatangan tersebut, dilakukan oleh Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, bersama dengan Pj Walikota Palangka Raya Dr Hera Nugrahayu, disaksikan jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kapuas.

Dijelaskannya, kerja sama antar daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan kebutuhan publik, maka kerja sama antar daerah menjadi hal yang sangat penting untuk dikembangkan.

Untuk itu, dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Pj Wali kota Palangka Raya yang telah menginisiasi kerja sama tersebut, terkhusus di bidang ketahanan pangan. Sebab, sebagaimana yang telah diketahui bersama Kabupaten Kapuas merupakan lumbung padi Kalteng.

"Kami sangat bersyukur produksi beras yang ada di Kapuas cukup untuk memenuhi kebutuhan, dan kerja sama ini juga agar bisa mengatasi inflasi yang ada di Kalteng dari beras," kata Erlin.

Secara nasional, ini juga memberikan dampak yang sangat luas untuk Kalteng dan khususnya Kapuas, oleh karenanya Erlin Hardi mengapresiasi inisiasi dari Pj Walikota Palangka Raya atas kerja sama yang terjalin.

"Semoga dengan adanya kerja sama ini, dan kerja sama di bidang lain semakin berkembang. Karena tanpa aktivitas kerja sama antar daerah ini, tentunya kita tidak bisa sendiri kebutuhan/keperluan antara Pemkot Palangka Raya dan Pemda Kapuas dan kita bisa kembangkan serta pertajam itu," demikian Erlin.

Baca juga: Pemkab Kapuas salurkan bantuan korban kebakaran dan angin puting beliung

Sementara itu, Pj Walikota Palangka Raya Dr Hera Nugrahayu mengungkapkan kerja sama antara Pemkot Palangka Raya dan Pemda Kapuas untuk menjawab isu-isu yang berkembang di mana salah satu isu utama yang menjadi tanggung jawab sebagai Pj Walikota dan Pj Bupati (kepala daerah) seluruh Indonesia adalah bagaimana cara mengendalikan inflasi.

Dia mengatakan Inflasi ini sangat berkaitan erat dengan kapasitas masyarakat, daya beli masyarakat dan tentunya perekonomian di Palangka Raya maupun Kapuas.

"Pemkot Palangka Raya terus mengembangkan pola kerja sama tidak hanya antar daerah tetapi juga antar mitra dalam rangka memperkuat perekonomian dan pembangunan serta memberikan kontribusi untuk pengendalian inflasi di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas," demikian Hera Nugrahayu.

Baca juga: Waket DPRD minta Pemkab Kapuas memperbanyak program pemberdayaan

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi DWP turut mengasah kreativitas ibu-ibu

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Turnamen sepak bola mini bangkitkan semangat anak muda