Masyarakat Palangka Raya diajak manfaatkan lahan kosong jadi produktif

id Pemkot Palangka Raya,lahan kosong,Pj Wali Kota Palangka Raya,Hera

Masyarakat Palangka Raya diajak manfaatkan lahan kosong jadi produktif

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/nym.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengajak kepada masyarakat yang ada di daerah iu untuk bisa memanfaatkan lahan kosongnya menjadi lahan yang produktif

"Pemanfaatan lahan kosong, minimal di pekarangan rumah menjadi produktif bertujuan memperkuat ekonomi dan ketahanan pangan keluarga di tengah ancaman resesi ekonomi 2023," kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu  di Palangka Raya, Jumat.

Menurut Hera, lahan-lahan kosong itu dapat ditanami berbagai jenis sayur maupun buah. Mulai dari sekali panen maupun yang hasilnya dapat dinikmati secara berkelanjutan.

"Kami juga terus mendorong masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat untuk menjadikan lahan semakin produktif," katanya.

Salah satunya dengan pelaksanaan penanaman padi di lahan milik Kelompok Tani Bina Sejahtera, di wilayah Kelurahan Pager dengan luas 0,5 hektare. 

Dia ingin masyarakat dapat secara mandiri memanfaatkan lahan dan pekarangan kosong yang dimiliki menjadi lahan pertanian.

"Penanaman ini bisa dilakukan secara langsung atau bisa juga dengan menggunakan media polybag. Tidak perlu lahan yang luas untuk mencoba berkebun. Bahkan di teras atau di atap rumah pun bisa,” katanya.