Bagnaia fokus kumpulkan poin demi gelar juara dunia

id Francesco Bagnaia,ducati lenovo,sirkuit lusail,motogp,qatar

Bagnaia fokus kumpulkan poin demi gelar juara dunia

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin berpose dengan piala juara dunia MotoGP musim 2023 jelang MotoGP Qatar di Sirkuit Lusail, 17-19 November 2023. (ANTARA/HO/MotoGP)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mengatakan dirinya hanya akan fokus untuk mengumpulkan lebih banyak poin di MotoGP Qatar demi memastikan gelar juara dunia musim ini.

Hal tersebut menyusul ia yang hanya unggul 14 poin saja dari Jorge Martin (Prima Pramac) yang membayanginya untuk mempertahankan mahkota juara dunia.

“Ya, mungkin itu (mengalahkan Martin) akan lebih baik karena 14 poin untuk memimpin klasemen kejuaraan bukanlah apa-apa,” kata Bagnaia, dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Jumat.

“Penting untuk tetap tenang dan bekerja dengan baik, serta berusaha maksimal karena ia tampil baik minggu lalu (di MotoGP Malaysia),” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Bagnaia mengaku tak menyangka bahwa rekan satu timnya saat berada di Tim Balap Mahindra di era junior itu akan menjadi salah satu pesaing terberatnya musim ini.

Namun, ia mengatakan Martin sangat berbakat dan mudah beradaptasi dalam segala kondisi balapan, serta menunjukkan semangat kompetitif yang tinggi sejak kecil.

Baca juga: Martin atur strategi cegah Bagnaia pertahankan gelar juara dunia

“Dia sangat kompetitif sejak awal. Dia tak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi dengan segala hal. Fakta bahwa saat ini kami sedang bertarung memperebutkan gelar adalah hal yang luar biasa dan saya rasa Jorge pun bisa berbangga akan hal itu,” kata Bagnaia.

Mengenai balapan akhir pekan ini di Sirkuit Lusail yang baru saja diaspal ulang, pembalap Italia itu mengatakan dirinya tidak mengambil pusing tantangan yang ada di depan mata. Ia menilai ketenangan dan semangat kompetitif harus terus dijaga demi bisa merebut podium tertinggi.

Baca juga: Mario Aji siap antisipasi tantangan baru di Moto3 Qatar

Baca juga: Marquez maksimalkan sesi latihan di Qatar

“Kami tahu betul bahwa aspal telah diaspal ulang dan ini bisa menjadi pertanyaan bagus untuk ban. Saya pikir ini akan menuntut performa ban karena lintasannya masih baru. Jadi, mari kita lihat,” kata Bagnaia.

“Ini adalah trek yang saya suka. Kami selalu kompetitif di sini… dan saya pikir motor kami sangat cocok untuk sirkuit ini,” ujar pembalap yang akrab disapa Pecco itu menambahkan.

Baca juga: Statistik MotoGP Qatar putaran ke-19 di Lusail