Bupati Gunung Mas ajak masyarakat amalkan nilai-nilai Pancasila

id Bupati Gunung Mas ajak masyarakatamalkan nilai-nilai Pancasila, kalteng, gumas, Gunung mas

Bupati Gunung Mas ajak masyarakat amalkan nilai-nilai Pancasila

(Dari kiri) Kabid Ideologi pada Badan Kesbangpol Kalteng Uria Nanyu Ludjen, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah, dan Kepala Badan Kesbangpol Gunung Mas Sugiarto, saat pembukaan lokakarya di Kuala Kurun, Sabtu (18/11/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong meminta sekaligus mengajak seluruh masyarakat di daerah setempat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, supaya toleransi tetap terjaga.

Dengan menjadikan Pancasila ideologi praktis, maka setiap perbedaan dapat diselesaikan secara damai dan bermartabat, ucapnya saat membuka lokakarya pembentukan nilai-nilai Pancasila dalam budaya organisasi di Kuala Kurun, Sabtu.

“Intoleransi merupakan ancaman bagi bangsa dan negara kita. Oleh sebab itu, nilai-nilai Pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, guna mencegah munculnya intoleransi,” sambungnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini menyebut bahwa nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam diri setiap warga negara Indonesia, supaya persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalteng, yang telah melaksanakan lokakarya pembentukan nilai-nilai Pancasila dalam budaya organisasi, di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Baca juga: Legislator berharap kafilah Gumas mampu bersaing pada MTQH XXXI Kalteng

Selain itu, Jaya juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah, yang telah menggunakan program pokok pikirannya untuk menyelenggarakan lokakarya ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalteng, Uria Nanyu Ludjen menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta, yang berasal berbagai elemen antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, serta peserta didik SMA sederajat.

“Kegiatan lokakarya ini diharap akan meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar dia.

Lainnya, Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah menyatakan bahwa dirinya memanfaatkan program pokok pikiran untuk menjalankan pembangunan, baik itu pembangunan fisik maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Saya harap peserta lokakarya nantinya dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sisi kehidupan kita sehari-hari,” demikian Siti Nafsiah.

Baca juga: Forum Belum Hinje Hapakat Gumas jadi wadah aspirasi ormas

Baca juga: Fraksi Demokrat DPRD Gumas ingatkan perlu dukungan pemda menjaga daya beli masyarakat

Baca juga: Penanganan stunting di Gunung Mas harus lebih maksimal usai peroleh dana insentif