Wakil Ketua DPRD Barsel harapkan ASN miliki semangat bangga melayani bangsa

id dprd barito selatan, wakil ketua dprd barsel, nyimas artika, kinerja asn, aparatur sipil negara, reformasi birokrasi

Wakil Ketua DPRD Barsel harapkan ASN miliki semangat bangga melayani bangsa

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Nyimas Artika. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nyimas Artika mengharapkan perangkat daerah lingkup pemerintah kabupaten terus memacu kinerja.
 
"Ciptakan kreativitas maupun inovasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing," katanya di Buntok, Senin.
 
Dia mengatakan, hal itu mengingat, tantangan ke depan semakin berat sehingga diperlukan berbagai terobosan dari aparatur yang ada di daerah ini.
 
"Tingkatkan terus kompetensi atau kemampuan yang dimiliki, baik kompetensi manajerial, teknis dan juga kompetensi sosio kultural," ucap politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu.
 
Sebab lanjut dia, perubahan terhadap mekanisme kinerja saat ini, menghendaki agar setiap Aparatur Sipil Negera (ASN) tidak lagi bekerja dalam sekat tertentu, tetapi fokus pada pencapaian tujuan organisasi.
 
"Dengan mekanisme tersebut, ASN dituntut mampu berkinerja lebih optimal dan inovatif sesuai dengan kompetensinya masing-masing," terang Nyimas.

Baca juga: Bapemperda DPRD Barsel tindak lanjuti hasil pendalaman raperda pajak dan retribusi daerah
 
Menurut dia, sistem kinerja ini tentunya lebih berorientasi pada percepatan pengambilan keputusan, sehingga kinerja akan lebih efektif dan efisien, terutama meningkatkan kualitas pelayanan publik.
 
Reformasi birokrasi mengharapkan terciptanya aparatur sipil negara profesional dengan karakteristik berintegrasi, memiliki kinerja tinggi serta bebas dan bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).
 
Kemudian ASN juga harus mampu menjadi pelayan publik, netral, berdedikasi serta memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.
 
"Untuk itu, perlu upaya dan usaha menanamkan akhlak dan bangga melayani bangsa dalam sikap dan perilaku ASN di lingkungan kerjanya masing-masing," harap Nyimas Artika.

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Hoaks dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa

Baca juga: Barsel terpilih sebagai proyek percontohan Program Rumah Pangan B2SA

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Pelantikan pejabat eselon III dan IV sudah sesuai aturan