Disdik Palangka Raya perkenalkan budaya Indonesia ke peserta didik

id Jayani ,Disdik Palangka Raya,budaya Indonesia

Disdik Palangka Raya perkenalkan budaya Indonesia ke peserta didik

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangaka Raya Jayani. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memperkenalkan berbagai budaya Indonesia untuk lebih cinta lagi ke peserta didik yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani di Palangka Raya, Senin, mengatakan pengenalan budaya Indonesia dengan anak menggunakan pakaian adat nusantara baik itu khas Dayak, Jawa maupun lain sebagainya ke peserta didik dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Palangka Raya.

Jaya mengatakan, selama ini anak-anak yang duduk di tingkat TK dan PAUD tidak mengetahui mengapa banyak masyarakat memasang pernak pernik bendera merah putih.

Maka dari itu dengan perlahan-lahan mereka dilibatkan dalam kegiatan budaya maupun lainnya dengan edukasi para guru-guru dan orang tuanya di rumah.

"Tidak hanya menggunakan pakaian khas dayak dan pahlawan saja mereka. Peserta didik kita juga dilibatkan dalam lomba baca teks pancasila yang mana agar mereka mengetahui bahwa pancasila itu dasar landasan negara kita," ungkapnya.

Dia menekankan, melalui peringatan HUT RI ini diharapkan anak-anak PAUD di daerah setempat bangga akan budaya dan sejarah di dalam nya, diharapkan anak-anak akan menjadi orang yang gigih, pantang menyerah dan selalu berusaha yang terbaik.

"Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita," demikian Jayani.