Tiga desa/kelurahan di Gumas akhirnya merasakan listrik PLN

id pemkab gunung mas, pln, perusahaan listrik negara, kuala kurun, gumas, gunung mas, bupati jaya s monong

Tiga desa/kelurahan di Gumas akhirnya merasakan listrik PLN

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (kemeja hitam), Manajer PLN ULP Kuala Kurun Rizal Bima Bayuaji (rompi biru) dan lainnya berfoto bersama usai peresmian dan penyalaan listrik di Desa Batu Tangkoi Kecamatan Kahayan Hulu Utara, (30/11/2023). (ANTARA/HO-PLN)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Tiga desa/kelurahan yang berada di dua kecamatan di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, akhirnya secara resmi merasakan layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak akhir November 2023.
 
Tiga desa/kelurahan yang dimaksud adalah Desa Batu Tangkoi dan Desa Tumbang Hamputung di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, serta Kelurahan Tumbang Marikoi di Kecamatan Damang Batu, kata Bupati Gunung Mas Jaya S Monong di Kuala Kurun, Sabtu.
 
“Peresmian dan penyalaan listrik sudah dilakukan di masing-masing desa/kelurahan tadi pada Kamis (30/11),” sambung orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini.
 
Dia menyebut, kehadiran layanan listrik PLN di berbagai desa/kelurahan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, termasuk di Batu Tangkoi, Tumbang Hamputung dan Tumbang Marikoi, sudah diupayakan sejak beberapa tahun lalu.
 
Namun semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, sehingga memerlukan proses dan waktu. Walau demikian, dia bersyukur akhirnya layanan listrik PLN sudah bisa dirasakan di Batu Tangkoi, Tumbang Hamputung dan Tumbang Marikoi.

Baca juga: Pelajar Gumas berhasil raih medali olimpiade matematika internasional di Korsel
 
Itu semua tak lepas berkat sinergi dan kerja sama yang baik antara pemerintah hingga tingkat kecamatan, desa/kelurahan, PLN, serta masyarakat di tiga desa/kelurahan tersebut.
 
“Masyarakat ikut berperan di mana ada yang merelakan pohon milik yang bersangkutan ditebang atau dipangkas, sehingga tiang listrik serta jaringan bisa terpasang. Jadi sekali lagi, terima kasih atas kerja sama kita,” ucap Jaya.
 
Lebih lanjut, pada kesempatan ini Jaya juga mengimbau masyarakat agar memanfaatkan layanan resmi dari PLN, jika ingin melakukan sambung listrik baru. Itu semua demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan dan lainnya.
 
Terpisah, Manajer PLN ULP Kuala Kurun, Rizal Bima Bayuaji menyampaikan kehadiran listrik PLN akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat.
 
Mulai dari sisi ekonomi, jika sebelumnya masyarakat menggunakan genset yang memakan biaya operasional cukup besar, maka mereka dapat berhemat jika menggunakan listrik PLN.
 
Bagi masyarakat yang ingin melakukan pasang baru dapat memanfaatkan Layanan Satu Pintu Plus (LSP+). Layanan ini merupakan layanan pasang baru secara paket biaya penyambungan plus sertifikat laik operasi (SLO) melalui PLN mobile, dengan biaya yang transparan.
 
“Pelanggan dapat bermohon via aplikasi PLN mobile dan cukup menunggu di rumah saja, dengan memantau notifikasi proses penyambungan PLN melalui milestone PLN mobile,” demikian Rizal.

Baca juga: Peringati HKN, PPNI Gumas lakukan bakti sosial kepada korban narkoba

Baca juga: Resmi diluncurkan, SIAPDES diharap atasi keterlambatan penyaluran ADD di Gumas

Baca juga: FKGMS bagikan tempat sampah kepada pedagang pasar di Gunung Mas