134 siswa di Palangka Raya terima bantuan sosial pendidikan

id 134 siswa di Palangka Raya terima bantuan sosial pendidikan, kalteng, Palangka raya, pendidikan

134 siswa di Palangka Raya terima bantuan sosial pendidikan

Penyerahan bantuan sosial pada siswa di Palangka Raya. ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 134 siswa di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menerima bantuan sosial pendidikan sebagai motivasi belajar para siswa dan untuk meningkatkan kualitas belajar serta meraih prestasi siswa.

"Para siswa pun mendapatkan bantuan berupa peralatan sekolah, seperti seragam sekolah, pakaian olahraga, buku-buku pelajaran, dan tas," kata Kepala Sekolah SMAN 5 Palangka Raya M Ramli di Palangka Raya.

Dia mengatakan, bantuan beasiswa untuk siswa kelas X pada sejumlah SMA ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap para pelajar dan keluarga.

Bantuan untuk siswa yang terdata berasal dari keluarga kurang mampu itu pun dibagikan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah di halaman sekolah.

“Kita bersyukur dan berterima kasih atas bantuan itu. Para siswa harus memanfaatkan bantuan perlengkapan sekolah itu dengan sebaik-baiknya. Pelajari buku-buku pelajaran dengan penuh antusiasme untuk meningkatkan kompetensi. Buktikan bahwa kalian juga bisa berubah menjadi lebih baik lagi dan menunjukkan prestasi terbaik,” katanya.

Bantuan sosial pendidikan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Tengah telah disalurkan ke sekolah-sekolah selama beberapa hari.

Baca juga: Penjabat Wali Kota apresiasi Muhammadiyah ikut memajukan pendidikan dan kesehatan

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya juga menyediakan bantuan beasiswa bagi peserta didik atau murid di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagi warga tidak mampu.

Bantuan beasiswa tersebut melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dengan tujuan agar peserta didik tidak putus sekolah pada tingkat SD sampai SMP.

Penerima beasiswa tersebut adalah mereka yang kondisi ekonomi orang tuanya penghasilannya rendah. Dinas Pendidikan juga akan berkolaborasi dengan Dinas Sosial Kota Palangka Raya, terkait program-program penerima bantuan sosial.

Jayani yang juga mantan Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya tersebut mengatakan, Disdik setempat juga menyediakan beasiswa jalur prestasi.

Peserta didik yang memiliki prestasi sangat bagus di sekolah dan mengharumkan nama daerah dari berbagai kegiatan di bidang pendidikan, juga berpeluang besar menerima beasiswa tersebut.

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta sekolah gencarkan pemberantasan sarang nyamuk

Baca juga: Bulog Kalteng apresiasi subsidi ongkos angkut Pemkot Palangka Raya

Baca juga: Tim Satgas normalisasi drainase yang tersumbat cegah banjir