Wagub Kalteng tegaskan perempuan mendapat kesempatan sama dalam pembangunan

id pemprov kalteng, edy pratowo, peringatan hari ibu, kaum perempuan, peran perempuan dalam pembangunan, kalteng, kalimanta

Wagub Kalteng tegaskan perempuan mendapat kesempatan sama dalam pembangunan

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menegaskan bahwa selama ini perempuan di daerah setempat telah diberikan kesempatan yang sama untuk berperan serta berpartisipasi dalam pembangunan.
 
"Para perempuan sudah diberikan kesempatan yang sama, mereka juga bisa berperan di pemerintahan, dunia usaha, bukan lagi di level bawah atau menengah, tetapi sudah atas sebagai pemimpin," katanya di Palangka Raya, Kamis.
 
Hal ini dapat dilihat dari cukup banyaknya perempuan-perempuan hebat di Kalimantan Tengah yang menempati jabatan strategis, seperti kepala daerah ataupun penjabat kepala daerah, kepala perangkat daerah, unsur pimpinan di lembaga DPRD, anggota DPRD, maupun lainnya.
 
"Dengan adanya kesempatan tersebut, maka hal ini bisa menjadi kebebasan bagi para perempuan untuk bisa berkarya," terangnya.
 
Hal itu dia sampaikan di sela acara Peringatan ke-95  Hari Ibu Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2023 dan Talk Show Perempuan Berdaya dan Berkarya.
 
Dalam kegiatan ini dihadirkan sebanyak 85 perempuan dari berbagai lintas profesi di Kalimantan Tengah. Hal ini adalah sebagai bentuk ekspose kemajuan perempuan sekaligus sumber daya potensial dan kekuatan, bahkan pilar pembangunan bangsa khususnya di Kalimantan Tengah.
 
Lebih lanjut Edy Pratowo menyampaikan, Hari Ibu setiap tahunnya diperingati seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan baik dalam merebut maupun mengisi kemerdekaan.

"Peringatan Hari Ibu merupakan momentum sejarah yang menunjukkan besarnya kontribusi perempuan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tonggak gerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa," tegasnya.

Peringatan Hari Ibu diharap menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas, agar memberikan perhatian dan pengakuan terhadap pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Baca juga: Pemprov Kalteng tingkatkan kemampuan TI aparaturnya hadapi era big data
 
Menurutnya perempuan Indonesia maupun Kalimantan Tengah secara khusus, telah mengambil peran penting dalam berbagai sendi kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial budaya.
 
"Mereka adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan," ucapnya.
 
Diharapkan melalui Perayaan ke-95 Hari Ibu ini mampu menginspirasi perempuan agar terus mencintai dirinya, mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas.
 
Sementara itu dalam kegiatan tersebut juga turut dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda Forum Anak Daerah Kabupaten, penyerahan hadiah pemenang lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat provinsi, serta pemberian penghargaan kepada perempuan berkarya.

Baca juga: Wagub Kalteng apresiasi gerakan BPN dalam percepatan sertipikat milik masyarakat

Baca juga: Pemprov Kalteng sebar ratusan sapi kembangkan sektor peternakan

Baca juga: Dishanpang Kalteng optimistis harga cabai kembali terkendali hadapi Nataru