Gibran Rakabuming akan blusukan ke Ibu Kota Nusantara

id Gibran Rakabuming,kampanye,blusukan,ikn

Gibran Rakabuming akan blusukan ke Ibu Kota Nusantara

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berdialog dengan para pedagang kopi keliling atau starling di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan rangkaian kampanyenya dengan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Sabtu (16/12).

"Gibran akan berkegiatan di IKN sebagai komitmen dari Prabowo-Gibran untuk melanjutkan dan mempercepat aktivasi IKN," kata Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan bahwa kunjungan ke IKN tersebut merupakan perwujudan komitmen Calon Presiden Prabowo Subianto dan Gibran untuk melanjutkan pemerataan pembangunan dengan visi pembangunan Indonesia sentris.

Sebelum ke IKN, kata dia, Gibran akan memulai kegiatannya terlebih dahulu di kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Start dari Kota Balikpapan ada agenda blusukan, dialog dengan komunitas anak muda pegiat UMKM, dan konsoilidasi Kaltim Bergerak," ujar Aminuddin.

Sementara pada Minggu (17/12), kata dia, Gibran akan mengunjungi dua kota di Kalimantan Barat yakni Pontianak dan Singkawang.

"Di Singkawang, Gibran akan dialog dengan tokoh lintas agama sambil mengunjungi rumah ibadah," kata Aminuddin.

Setelah itu, kata dia, Gibran akan melanjutkan kampanyenya dengan blusukan di kota Pontianak untuk berdialog dengan komunitas anak muda pelaku UMKM dan menikmati kopi Pontianak bersama masyarakat setempat.
Baca juga: Jokowi berkunjung ke IKN pekan depan resmikan sejumlah proyek infrastruktur

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gibran ditegur KPU karena bersorak saat debat capres pertama

Baca juga: Elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran tembus 50 persen lebih

Baca juga: Prabowo-Gibran siap lanjutkan program transformasi kesehatan Jokowi