Belasan peserta bersaing perebutkan jabatan pimpinan tinggi pratama di Kotim

id pemkab kotawaringin timur, seleksi jabatan kotim, sampit, kotim, kotawaringin timur, bkpsdm kotim, kamaruddin makkalepu

Belasan peserta bersaing perebutkan jabatan pimpinan tinggi pratama di Kotim

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotawaringin Timur, Kamaruddin Makkalepu.  (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Sebanyak belasan peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi pada lelang atau seleksi terbuka tiga jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dan siap bersaing ke tahap berikutnya. 
 
“Hasil seleksi administrasi sudah diumumkan hari ini melalui situs web kami, dari total 18 pendaftar ada dua yang tidak memenuhi syarat,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotawaringin Timur Kamaruddin Makkalepu di Sampit, Sabtu. 
 
Seperti yang diketahui, pada 1 Desember 2023 BKPSDM Kotawaringin Timur telah mengumumkan dibukanya lelang jabatan untuk tiga posisi kepala dinas, yakni Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Kepala BKPSDM. 
 
Saat ini, posisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala BKPSDM diisi oleh seorang pelaksana tugas. Sedangkan, untuk Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman masih kosong karena merupakan pemekaran dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP), yang baru mulai operasional tahun depan. 
 
Sesuai petunjuk teknis (juknis) seleksi JPT Pratama waktu pendaftaran dan penerimaan berkas lelang JPT Pratama ini berlangsung selama 15 hari, yakni tanggal 1 - 15 Desember 2023.
 
Selama tahap pendaftaran tersebut tercatat ada 18 pelamar yang mengajukan diri, yakni Dinas Pendidikan 8 orang, BKPSDM 5 orang, dan Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman 5 orang. 

Baca juga: Bawaslu Kotim tegaskan penyelenggaraan kampanye wajib kantongi STTP
 
Sedangkan, yang berhasil lolos seleksi administrasi adalah Kepala Dinas Pendidikan 7 orang, Kepala BKPSDM 5 orang, dan Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman 4 orang.
 
“Keputusan panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Kabupaten Kotawaringin Timur ini bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat,” lanjutnya. 
 
Sesuai dengan juknis seleksi, peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural 17 hingga 18 Desember 2023, berlokasi di gedung CAT BKPSDM Kotawaringin Timur. 
 
Kemudian, penyampaian makalah terkait tupoksi jabatan yang dilamar dan diterima paling lambat pada 19 Desember 2023. Dilanjutkan, presentasi makalah dan wawancara pada 20 hingga 21 Desember 2023.
 
Pengumuman hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi pada 22 Desember. Terakhir, penetapan atau pelantikan JPT Pratama yang akan menyesuaikan dengan jadwal pimpinan. 
 
Adapun, pelamar yang lulus seleksi administrasi di Dinas Pendidikan antara lain Gusti Mukafi yang sekarang menjabat Camat Cempaga Hulu, Alfisah menjabat Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Mahmudi menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Muhamad Indra menjabat Camat Mentaya Hulu, Muhammad Irfansyah menjabat Sekretaris sekaligus Plt Kepala Dinas Pendidikan, Ninuk Muji Rahayu menjabat Inspektur Pembantu I Inspektorat. 
 
Kemudian, Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman ada Mentana Dhinar Tistama menjabat Kepala Bidang Bina Marga DPUPRPRKP, Mohamad Wijaya Putra menjabat Kepala Bidang Tata Ruang DPUPRPRKP, Sianto menjabat Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman DPUPRPRKP, dan Yephi Hartady Periyanto menjabat Kepala Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Sekretariat Daerah. 
 
Selanjutnya, BKPSDM ada Kamaruddin Makkalepu menjabat Sekretaris sekaligus Plt Kepala BKPSDM, Muji Prayogi menjabat Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Muhammad Huzaifah menjabat Camat Kota Besi, Muhammad Indra menjabat Camat Mentaya Hulu, Yolanda Lonita Fenisha menjabat Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah. 
 
Sedangkan, pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi adalah Admadi Sastra yang kini menjabat Camat Tualan Hulu karena usia sudah melebihi 56 tahun pada 29 Desember 2023, dan Muhammad Hairul Saleh yang menjabat Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPRPRKP karena belum 2 tahun dalam jabatan administrator. 

Baca juga: Legislator Kotim terharu kini warga mudah mendapatkan air bersih

Baca juga: Pengurus Karang Taruna se-Kalteng kumpul di Sampit perkuat peran di masyarakat

Baca juga: DPMD Kotim kawal serah terima aset setelah pelantikan 81 kepala desa