Penjabat wali kota ajak pemuda tingkatkan semangat bela negara

id Penjabat wali kota ajak pemuda tingkatkan semangat bela negara, kalteng, Palangka raya, hera

Penjabat wali kota ajak pemuda tingkatkan semangat bela negara

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu di Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu mengajak seluruh jajarannya beserta pihak terkait untuk terus meningkatkan semangat bela negara kepada para pemuda.

"Ini sebagai upaya menciptakan generasi emas Indonesia dan menciptakan para pemimpin masa depan bangsa yang berkualitas dan berkarakter," kata Hera di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, bagi pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa Indonesia saat ini, Bela Negara bukan lagi soal gencatan senjata melawan para penjajah. Tetapi lebih kepada implementasi prinsip dan falsafahnya dalam kehidupan sehari-hari.

"Mewujudkan Bela Negara dapat berupa meningkatkan peran dan kontribusi pemuda yang harus diaktualisasikan dalam kehidupan. Baik dari dunia usaha, pendidikan, pemuda, tokoh agama dan seluruh bidang," katanya.

Untuk itu, dia meminta segenap unsur Pemerintah Kota Palangka Raya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta berbagai pihak terkait lain dapat menyiapkan dan melaksanakan program terkait peningkatan semangat Bela Negara dengan sasaran para pemuda.

Baca juga: Palangka Raya luncurkan pemetaan dini kebencanaan berbasis digital

Hal itu tentunya sebagai upaya, agar para pemuda semakin mencintai bangsa sekaligus untuk membentengi generasi masa depan bangsa agar terhindar dari berbagai macam bentuk upaya yang mengancam kedaulatan bangsa.

"Dalam rangka menumbuhkan semangat patriotisme, ikhlas dan pantang menyerah dalam upaya Bela Negara maka para pemuda semestinya terus belajar dan menghayati betul-betul sejarah pembentukan bangsa Indonesia ini yang tidak mudah. Tugas kita memfasilitasinya," kata Hera.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah "Kota Cantik" sebutan untuk Kota Palangka Raya itu menambahkan, jangan sampai generasi muda yang ada mudah diadu domba dengan berbagai hal.

"Salah satunya adu domba antar sesama masyarakat. Kemudian juga mendoktrin agar oknum-oknum masyarakat mau menjalankan aksi-aksi yang tidak benar yang dapat merugikan bangsa dan masyarakat setempat," ungkapnya.

Dia pun meminta jajarannya untuk terus memperkuat semangat dan implementasi Bela Negara dalam berkehidupan sehari-hari.

Baca juga: Basarnas Palangka Raya terjunkan puluhan personel amankan Natal dan Tahun Baru

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat disertai petir di Kalteng

Baca juga: Ketua Iluni UPR Nuryakin jabarkan penerapan empat "On"