PDBI Kotim benahi dan tingkatkan kualitas atlet hadapi PON

id PDBI Kotim benahi dan tingkatkan kualitas atlet hadapi PON, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, drum band, pon

PDBI Kotim benahi dan tingkatkan kualitas atlet hadapi PON

Ketua Umum PDBI Kotawaringin Timur Bahagia (tengah) saat diwawancarai terkait persiapan menghadapi PON XXI tahun 2024, Rabu (20/12/2023). ANTARA/HO-PDBI

Sampit (ANTARA) - Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Kotawaringin Timur terus melakukan pembenahan dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas atlet dalam rangka persiapan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024.

“Seperti yang kita tahu, pelaksanaan PON semakin dekat. Dalam waktu kurang dari satu tahun ini kami ingin memaksimalkan persiapan agar bisa tampil dengan optimal pada PON nanti,” kata Ketua Umum PDBI Kotawaringin Timur Bahagia di Sampit, Rabu. 

Diketahui, PDBI Kotawaringin Timur melalui kelompok Drum Corps Handep Mentaya Praja (DC HMP) binaan pemerintah daerah setempat  berhasil meraih juara pertama pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang digelar di Kota Sampit pada akhir Juli hingga awal Agustus lalu. 

Saat seleksi pra PON di Yogyakarta belum lama ini, drumband ini berhasil menempati urutan kelima, mengalahkan kota-kota besar lainnya. Dengan demikian, kontingen drumband tersebut akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah adang PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. 

Berbagai persiapan telah dilaksanakan, termasuk mengikuti babak kualifikasi atau pra PON dan kontingen Kotawaringin Timur berhasil lulus di urutan ke 5 dan berhak melanjutkan ke tahap PON yang dijadwalkan pada September 2024.

Bahagia menyampaikan, PDBI Kotawaringin Timur dan PDBI Provinsi Kalimantan Tengah terus berkoordinasi dalam rangka mempersiapkan atlet yang akan mengikuti PON nantinya. 

Baca juga: Pemkab Kotim kembali raih penghargaan APE Pratama dari KemenPPPA

“Kita akan benahi dan perbaiki lagi kekurangan dari PDBI Kotawaringin Timur, khususnya berdasarkan evaluasi saat pra PON kemarin, di Yogyakarta,” ucapnya. 

Saat pra PON kontingen Kalimantan Tengah belum berhasil meraih posisi pertama, namun ia yakin pada ajang PON nanti hasilnya lebih baik dan berhasil menyabet medali. 

Total ada 22 atlet drumband Kotawaringin Timur yang mengikuti babak kualifikasi beberapa waktu lalu. Tugas mereka untuk memacu semangat dan keterampilan para atlet agar bisa menampilkan yang terbaik. 

Dari sekian banyak kategori perlombaan dalam cabang olahraga drumband, ia menilai setiap perwakilan daerah memiliki keterampilan yang merata. Kondisi ini menjadi peluang bagi kontingen Kotawaringin Timur untuk terus berkembang dan unggul dari daerah lain. 

Sementara, berdasarkan babak kualifikasi lalu kontingen Kotawaringin Timur unggul pada cabang lomba berbaris jarak pendek (LBJP) dan lomba ketahanan dan ketepatan baris-berbaris (LKKB). 

Bahagia optimis setidaknya pada kategori tersebut kontingen Kotawaringin Timur bisa pulang dengan memboyong medali. 

Baca juga: Kotim loloskan 60 orang perkuat Kalteng di PON 2024

Baca juga: Pasar penyeimbang bersubsidi ramaikan Festival Tandak Intan di Sampit

Baca juga: Pemkab Kotim anggarkan Rp250 juta untuk peningkatan SDM di pustu