Lima bintang sepak bola dunia meriahkan Piala Afrika

id piala afrika,bintang sepak bola dunia,2024,pantai gading,mohamed salah

Lima bintang sepak bola dunia meriahkan Piala Afrika

Foto Arsip-Pemain timnas Mesir Mohamed Salah (tengah) berusaha melewati kawalan dua pemain timnas Kamerun Andre-Frank Zambo Anguissa (kiri) dan Nouhou Tolo (kanan) pada babak semi final Piala Afrika 2022 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Jumat (4/2/2022) dini hari. Mesir lolos ke babak final usai menang dalam drama adu penalti dengan Kamerun 3-1 (0-0). ANTARA FOTO/REUTERS/Thaier Al-Sudani/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Beberapa nama besar di dunia sepak bola akan memeriahkan Piala Afrika 2024 yang berlangsung di Pantai Gading mulai 13 Januari hingga 11 Februari.

Dilansir AFP, Sabtu, terdapat lima bintang sepak bola dunia yang akan bertanding dalam turnamen tersebut.

Pertama, Mohamed Salah yang berasal dari Mesir. Penyerang Liverpool berusia 31 tahun tersebut merupakan bintang super Liga Premier Inggris dan ikon olahraga di dunia Arab.

Ia menjadi pencetak gol terbanyak bersama Liga Inggris musim ini dengan 14 gol, sehingga membantu membawa Liverpool ke puncak klasemen. Jika Salah berhasil lolos di Piala Afrika bersama Mesir, Liverpool akan kehilangan Salah dalam empat pertandingan liga, yang berpotensi mencederai perburuan gelar The Reds.

Kemudian yang kedua, yakni Victor Osimhen dari Nigeria. Osimhen memimpin Nigeria ke Piala Afrika merupakan prospek yang menggiurkan bagi para penggemar Super Eagles.

Dia menuju ke Pantai Gading setelah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika tahun 2023 berkat performa cemerlangnya dalam perjalanan Napoli meraih gelar Serie A.

Osimhen mencetak 26 gol untuk Napoli pada musim lalu, namun mendapatkan kesulitan di musim ini lantaran hanya mencetak delapan gol. Meski begitu, dirinya baru saja menandatangani kontrak baru di klubnya dan akan bersemangat untuk menebus waktu yang hilang di Piala Afrika.



Ketiga, Sadio Mane dari Senegal. Mane merupakan pahlawan saat Senegal menghilangkan prestasi buruk selama bertahun-tahun untuk memenangi Piala Afrika untuk pertama kalinya pada 2022, mencetak penalti kemenangan dalam adu penalti melawan Mesir di Yaounde.

Mantan pesepak bola terbaik Afrika dua kali tersebut merupakan runner-up Ballon d'Or di 2022, tetapi terdapat kekhawatiran kariernya akan mengalami kemunduran sejak saat itu.

Cedera membuatnya absen dari Piala Dunia di Qatar dan Mane kemudian meninggalkan Bayern Munich setelah hanya satu musim untuk bergabung dengan Al Nassr di Liga Profesional Saudi.

Kini, dia masih mencetak rata-rata hampir satu gol setiap detik pertandingan untuk klubnya, di mana Mane bermain bersama Cristiano Ronaldo, dan merupakan kunci bagi peluang negaranya untuk mempertahankan mahkota kontinental mereka.

Bintang keempat yaitu Serhou Guirassy dari Guinea. Guinea hanya berada di peringkat ke-15 di Afrika, sehingga memberikan pengaruh yang kecil pada tahap akhir turnamen Piala Afrika baru-baru ini. Dengan demikian, Guinea harus berjuang keras hanya untuk keluar dari grup yang berisi Senegal, Kamerun, dan Gambia.

Kendati demikian, Guinea memiliki pemain yang menjadi sensasi di Bundesliga Jerman musim ini dalam diri Guirassy, penyerang kelahiran Prancis berusia 27 tahun.

Mantan pemain internasional Prancis U-20 tersebut rata-rata mencetak 10 gol liga dalam satu musim selama tiga tahun terakhir di Rennes dan VfB Stuttgart, tetapi performanya bersama Stuttgart di musim ini sangat luar biasa.

Kelima, Achraf Hakimi dari Maroko. Bek kanan Paris Saint-Germain tersebut merupakan bintang terbesar di tim Maroko yang menduduki peringkat nomor satu di Afrika dan datang ke Piala Afrika dengan ambisi besar setelah mencapai semifinal Piala Dunia lebih dari setahun yang lalu.

Runner-up setelah Osimhen untuk penghargaan Pemain Terbaik Afrika tahun ini secara teoritis adalah seorang bek, namun ia memberikan ancaman serangan yang besar di sisi sayap dan telah tampil luar biasa untuk klubnya musim ini.

Jika Hakimi tetap bugar dan menampilkan performa terbaiknya, Maroko memiliki peluang besar untuk memenangkan Piala Afrika pertama sejak 1976.