Kapolda Kalteng siap tindak tegas oknum anggota polisi terlibat politik praktis

id Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto,Palangka Raya,Kalteng,Pemilu 2024, Djoko Poerwanto,Erlan Munaji

Kapolda Kalteng siap tindak tegas oknum anggota polisi terlibat politik praktis

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan akan menindak tegas oknum anggota polisi yang terlibat politik praktis pada pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Sesuai arahan pimpinan kami Polri wajib netral dan apabila faktanya ada oknum yang tidak netral dalam pemilu akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku," kata Djoko Poerwanti di Palangka Raya, Selasa.

Dia juga menuturkan, para Kapolres di seluruh jajaran di Kalteng juga selalu diingatkan agar para personilnya benar-benar tidak terlibat dalam persoalan politik.

Baca juga: Polda Kalteng evaluasi kerawanan Pemilu 2024 di empat daerah

Saat ini pihak kepolisian dibantu TNI dan beberapa instansi terkait lainnya, terus menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) jelang hari H pemilu.

"Laporkan apabila ada oknum anggota Polri terlibat politik, karena sesuai aturan dan perintah pimpinan kami yakni Polri Netral pada pemilu ini," ucapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji mengungkapkan, update kamtibmas di masa kampanye pemilu saat ini situasi masih aman terkendali bahkan tidak ada gangguan-gangguan yang menonjol sementara ini.

Baca juga: Polisi tangkap dua warga Katingan penyalahgunaan elpiji subsidi

Bahkan seluruh anggota Polri di setiap jajaran juga fokus pada pengamanan kamtibmas di massa pemilu tahun ini. Pihaknya bersama seluruh stakeholder serta tokoh masyarakat dan agama di Kalteng berupaya untuk agar pemilu tahun ini berjalan aman, damai dan lancar.

"Semoga saja apa yang sudah kita lakukan dapat terwujud sehingga masyarakat mendapatkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas serta sesuai pilihan mereka," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Kapolda dan Forkopimda Kalteng cek gereja serta pos pengamanan Nataru 2024

Berdasarkan pantauan di lapangan, personel Polda Kalteng dan Polresta Palangka Raya terus dikerahkan untuk menjaga situasi kamtibmas di daerah setempat.

Bahkan kantor penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu baik itu Kota Palangka Raya dan Provinsi Kalteng dijaga ketat oleh anggota Kepolisian, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga: Selama 2023 Polda Kalteng pecat 14 anggota bermasalah

Baca juga: Tipu PNS Kapuas, BIN gadungan ditangkap Polda Kalteng

Baca juga: Polda Kalteng gelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat