Legislator dorong minta baca generasi muda Murung Raya

id Murung Raya,Kalteng,DPRD,Perpustakaan

Legislator dorong minta baca generasi muda Murung Raya

Anggota  DPRD Mura Rahmat Hidayat, di Puruk Cahu, (Foto : ANTARA/HO/Supriadi)

.
Puruk Cahu (ANTARA) - Legislator Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, terus berupaya mendorong peningkatan minat baca masyarakat khususnya generasi muda.

Anggota  DPRD Mura Rahmat Hidayat, di Puruk Cahu, Senin (22/1/2024) mengatakan, perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini saat ini membuat masyarakat mengalihkan perhatian ke berbagai kegiatan yang berhubungan dengan digital, sehingga berdampak menurunnya minat baca generasi muda. 

Mengantisipasi hal tersebut, DPRD Murung Raya meminta agar pemerintah meningkatkan peran strategis perpustakaan, dengan mendorong kreativitas dinas terkait untuk menarik para siswa datang ke perpustakaan.

"Sektor pendidikan bukan hanya melulu tentang sekolah, tetapi perpustakaan juga memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk kualitas SDM. Di perpustakaan, terdapat banyak ilmu yang dapat diperoleh melalui aktivitas membaca," kata politisi PKB ini.

Menurut dia, saat ini banyak generasi muda lebih sering terlibat dalam aktivitas menggunakan gadget, seperti bermain game dan media sosial, dibandingkan dengan membaca. Padahal, membaca memiliki peran penting dalam memperdalam pengetahuan.

Rahmat menjelaskan perkembangan teknologi digital memiliki potensi yang besar, terutama dalam mendukung peningkatan pengetahuan. Namun, seringkali teknologi ini juga digunakan untuk hal yang kurang produktif atau bermanfaat. 

"Dalam upaya mengatasi tantangan ini, bahwa peran perpustakaan harus diperkuat. dan perpustakaan perlu dioptimalkan lebih lanjut agar mampu meningkatkan minat baca masyarakat," katanya.