Legislator Kapuas apresiasi langkah cepat pemerintah bantu korban banjir

id Legislator Kapuas apresiasi langkah cepat pemerintah bantu korban banjir, kalteng, kapuas

Legislator Kapuas apresiasi langkah cepat pemerintah bantu korban banjir

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Didi Hartoyo. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Didi Hartoyo, mengapresiasi langkah cepat serta tanggap pemerintah daerah dalam membantu korban musibah banjir di lima kecamatan di wilayah setempat.

"Saya selaku wakil dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III, salah satunya Kecamatan Kapuas Tengah, mengapresiasi langkah cepat dan tanggap Pemkab Kapuas bantu warga kita disana," kata Didi Hartoyo di Kuala Kapuas, Selasa.

Menurut legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di wilayah setempat, sangat diharapkan oleh warga. Selain bantuan sembako, juga bantuan kesehatan pasca banjir sangat dibutuhkan.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat, TNI-Polri dan juga instansi terkait lainnya yang sudah membantu warga kami di sana," ucapnya.

Dikatakannya, untuk kondisi banjir di beberapa desa di empat kecamatan yakni Kecamatan Mantangai, Kecamatan Pasak Talawang, Kecamatan Kapuas Tengah, dan Kecamatan Timpah, saat ini masih terjadi.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas kembangkan Pojok Baca Digital

"Mudahan di daerah empat kecamatan, dan sekitarnya tidak dilanda hujan deras lagi, dan air bisa surut, sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal kembali," demikian Didi Hartoyo.

Sebelumnya, banjir melanda enam kecamatan saat ini meliputi Kecamatan Mantangai, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Dadahup dan Timpah.

Berdasarkan data BPBD kabupaten setempat, banjir yang terjadi di enam kecamatan yakni pada 25 desa tersebut menyebabkan 3.940 unit rumah terendam.

Selain itu yang juga terdampak yakni sebanyak 53 sarana pendidikan, 11 sarana kesehatan, 47 rumah ibadah, 57 fasilitas umum dan 95 titik akses jalan juga terendam, serta sebanyak 6.545 kepala keluarga atau 23.245 jiwa.

Terkait banjir yang melanda, pemerintah daerah setempat, telah menyalurkan bantuan sembako untuk korban banjir di daerah setempat.

Baca juga: Pemkab Kapuas canangkan Korespondensi Bebas Kertas dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Baca juga: 17 Bunda Literasi kecamatan di Kapuas dikukuhkan

Baca juga: 246 kejadian bencana di Kapuas sepanjang 2023

Baca juga: Disarpustaka Kapuas kembangkan Pojok Baca Digital