Disnakertranskop UKM Barito Utara sosialisasi ketenagakerjaan

id sosialisasi ketenagakerjaan,dinas nakertranskop ukm,barito utara,kalteng,ketenagakerjaan

Disnakertranskop UKM Barito Utara sosialisasi ketenagakerjaan

Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara saat melaksanakan sosialisasi terkait ketenagakerjaan yang diikuti beberapa desa yang ada di Kecamatan Montallat, Jumat (2/2/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyosialisasikan terkait ketenagakerjaan di wilayah desa pada sejumlah kecamatan  di kabupaten setempat. 

"Materi sosialisasi ini terkait dengan pengangguran terbuka, tingkat pengangguran terbuka, angkatan kerja, bukan angkatan kerja, penduduk usia kerja/produktif dan program atau kegiatan peningkatan SDM atau keterampilan tenaga kerja," kata Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara Mastur di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, sosialisasi ini terkait perlunya penyamaan persepsi penggunaan istilah pengangguran terbuka dan angkatan kerja. 

Sosialisasi ini, katanya, bertujuan untuk menjaga akurasi dan kebaruan data, yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu bahan kelengkapan dalam laporan pertangggungjawaban evaluasi kinerja Penjabat Bupati Barito Utara di bidang ketenagakerjaan untuk triwulan dua periode jabatan

"Data menggunakan formulir pada lampiran Surat Bupati dan paling lambat dikumpulkan ke Disnakertranskop UKM pada 10 Maret 2024," kata dia.

Mastur mengatakan, sosialisasi ketenagakerjaan ini telah dilakukan di wilayah Kecamatan Montallat pada 1-2 Februari 2024 yang diikuti beberapa desa.

Kegiatan tersebut pada Kamis (1/2) di Desa Paring Lahung yang diikuti Desa Rube, Ruji dan Kamawen, kemudian pada 2 Februari sosialisasi dilaksanakan di Kelurahan Tumpung Laung I, Kelurahan Tumpung Laung II, Kelurahan Montallat I dan Kelurahan Montallat II serta Desa Pepas dan Sikan. 

"Kami juga akan melaksanakan sosialisasi di beberapa kecamatan lainnya di daerah ini," kata Mastur.

Baca juga: Barito Utara siap jadi tuan rumah Festival Tunas Bahasa Ibu

Baca juga: Pj Bupati apresiasi KPPN Buntok buka layanan filial di Muara Teweh

Baca juga: Pemkab Barito Utara salurkan bantuan pangan kepada 4.795 penerima