KPU Kalteng: Distribusi logistik Pemilu ke PPK capai 47 persen

id Ketua Komisi Pemilihan Umum, KPU Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Sastriadi

KPU Kalteng: Distribusi logistik Pemilu ke PPK capai 47 persen

Ketua KPU Kalteng Sastriadi. ANTARA/Dokumentasi KPU Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sastriadi menyatakan bahwa proses distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), telah mencapai 47 persen.

"Sampai sore kemarin, proses distribusi logistik yang sampai di 64 PPK atau mencapai 47 persen dari total 136 PPK," kata Sastriadi di Palangka Raya, Senin.

Untuk distribusi logistik Pemilu yang telah sampai di desa/kelurahan mencapai 830 desa/kelurahan atau atau mencapai 53 persen dari total 1.571 Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selanjutnya distribusi logistik pada tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 2.997 atau 38 persen dari total 7.830 TPS.

Sastriadi mengatakan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) di wilayah setempat di prioritaskan di kecamatan-kecamatan yang wilayahnya terletak jauh dari ibu kota kabupaten/kota.

Wilayah yang sudah dilakukan distribusi logistik Pemilu yakni di Kabupaten Kapuas enam kecamatan pada 9 Februari, kemudian 10 Februari distribusi logistik Pemilu dilakukan di enam kecamatan wilayah Kabupaten Katingan, enam kecamatan wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan dua kecamatan di wilayah Kabupaten Murung Raya.

Kecamatan terjauh ini ada yang ditempuh hingga delapan jam menggunakan kendaraan air atau kapal sungai. Ada juga wilayah kecamatan yang dari ibu kota kabupaten harus ditempuh melalui wilayah kabupaten/kota lain.

Wilayah yang terjauh, di Kabupaten Kapuas adalah di Kecamatan Mantangai, Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, dan Mandau Talawang

Kemudian di Kotawaringin Timur, wilayah yang terjauh yakni Kecamatan Mentaya Hulu, Parenggean, Antang Kalang, Tualan Hulu, Telaga Antang, dan Bukit Santuai.

Selanjutnya di Kabupaten Katingan, wilayah yang terjauh yakni Kecamatan Bukit Raya, Katingan Hulu, Katingan Kuala, Marikit, dan Mendawai. Terakhir, di Kabupaten Murung Raya wilayah yang terjauh yakni Kecamatan Seribu Riam dan Uut Murung.

Pada Pemilu 2024, KPU Provinsi Kalteng menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2024 sebanyak 1.935.166 pemilih, terdiri dari 995.097 pemilih laki-laki dan 940.019 pemilih perempuan, dan sebanyak 7.830 tempat pemungutan suara.

Baca juga: KPU Kalteng ungkap proses sortir-lipat surat suara capai 99,67 persen

Para pemilih dalam DPT itu tersebar di 1.571 kelurahan/desa atau di 136 kecamatan di 14 kabupaten/kota di Kalteng. Mereka akan menggunakan hak pilihnya sesuai tempat pemungutan suara yang sudah ditetapkan KPU setempat.

Di sisi lain, kondisi cuaca menjadi salah satu faktor yang diwaspadai oleh KPU karena berpotensi dapat menghambat pendistribusian logistik maupun pelaksanaan Pemilu 2024.

Untuk itu KPU juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait dampak musim hujan pada tahapan distribusi logistik maupun pelaksanaan pemilu secara keseluruhan.

Baca juga: Diskominfosantik gelar dialog langsung bersama KPU sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: KPU Kalteng prioritaskan istribusi logistik ke kecamatan terjauh

Baca juga: Logistik Pemilu 2024 di Barito Timur didistribusikan