Menteri BUMN Erick Thohir berharap ANTARA tak menjadi sejarah

id Menteri BUMN,Erick Thohir ,ANTARA,sejarah ANTARA,LKBN ANTARA,Kalteng,Pasar Baru

Menteri BUMN Erick Thohir berharap ANTARA tak menjadi sejarah

Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kanan) didampingi Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir (kedua kiri), Direktur Keuangan Nina Kurnia Dewi (kiri), Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan IT Jaka Sugiyanta Suryo (ketiga kiri), anggota Dewan Pengawas LKBN Antara Widodo Muktiyo (kedua kanan) dan Mayong Suryo Laksono (kanan) berfoto bersama insan Antara saat meninjau pembangunan Kompleks Antara Heritage Center di Jakarta, Minggu (18/2/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengharapkan Perum LBKN ANTARA tidak menjadi sejarah, di mana ANTARA harus bisa beradaptasi dengan dinamika perkembangan industri pers saat ini dan ke depan.

"Saya terima kasih ANTARA ini tidak melupakan sejarahnya, tetapi yang saya lebih menakutkan jangan sampai ANTARA menjadi sejarah. Artinya, ANTARA harus benar-benar bisa beradaptasi dengan dinamika perkembangan industri pers yang hari ini juga terjadi di seluruh dunia," kata Erick saat memberi sambutan usai melihat pameran foto bertajuk "Pers, Demokrasi, dan Pembangunan" di Ruang Galeri Komplek ANTARA Heritage Center atau yang dulu dikenal dengan Gedung ANTARA Pasar Baru Jakarta, Minggu.

Ia menceritakan bagaimana perkembangan yang terjadi di media saat ini. Menurutnya, media sebagai institusi seharusnya menjadi check dan balance di dalam sebuah negara, bukan menjadi individu yang sekedar menyuarakan kepentingannya saja.

"Ini yang saya tekankan dan saya percaya yang membedakan kita tentu dengan sebuah institusi dan individu pasti kita lebih punya check and balance. Kalau individu pasti dia akan menyuarakan sekedar pendapatnya dan mungkin juga kepentingannya tanpa memikirkan konteks yang lebih lebar lagi tetapi kalau institusi saya rasa kekuatan kita menjadi check and balance ini yang terus harus dijaga," ucap Erick.

Untuk itu, ia juga mengharapkan ANTARA sebagai institusi bisa menjadi check and balance.

"Di situ lah saya berharap ANTARA tidak jadi sejarah, ANTARA harus tetap membuka perkembangan-perkembangan beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi tetapi juga saya masih meyakinkan sebuah institusi akan punya kekuatan kalau menjadi check and balance," kata Erick.
 
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) berbincang dengan Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir (tengah) dan Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan IT Jaka Sugiyanta Suryo (kiri) saat meninjau pembangunan Kompleks Antara Heritage Center di Jakarta, Minggu (18/2/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa

Untuk itu, ia mengharapkan ANTARA tetap menjadi media yang berkontribusi untuk kepentingan rakyat dengan pemberitaan yang baik dan tidak memecah belah bangsa.

"Itu menjadi stabilisasi yang harus dijaga ANTARA," kata Erik.

Perum LKBN ANTARA menyelenggarakan pameran foto berjudul "Pers, Demokrasi dan Pembangunan" yang menggambarkan dunia pers (kewartawanan) di Indonesia, mulai zaman revolusi hingga saat ini.
Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kiri) didampingi Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir (kedua kanan), Direktur Keuangan Nina Kurnia Dewi (kedua kiri), Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan IT Jaka Sugiyanta Suryo (kiri), Direktur Pemberitaan Irfan Junaidi (ketiga kanan), dan Kurator GFJA Ismar Patrizki (kanan) melihat pameran foto Pers Demo-Krasi dan Pembangunan di Galeri Kompleks Antara Heritage Center, Jakarta, Minggu (18/2/2024). . ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.

Beberapa foto yang ditampilkan juga memperlihatkan perjalanan Pemilu di Indonesia, mulai dari pemilu pertama tahun 1955 hingga kampanye Capres-Cawapres 2024.

Termasuk pula beberapa hasil pembangunan baik infrastruktur, sarana-prasarana umum sepanjang sepuluh tahun terakhir pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.
 
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) menerima cendera mata foto dari Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir (kiri), dan Ketua Dewan Pengawas LKBN Antara Kemal Effendi Gani (kanan) usai melihat pameran foto Pers Demo-Krasi dan Pembangunan di Galeri Kompleks Antara Heritage Center, Jakarta, Minggu (18/2/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa