Pj Bupati: Pembangunan Barsel fokus pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM

id Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, DR Deddy Winarwan, Barito Selatan, barsel, kalteng

Pj Bupati: Pembangunan Barsel fokus pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM

Penjabat Bupati Barito Selatan DR Deddy Winarwan saat diwawancarai usai membuka acara Musrenbang Kecamatan Dusun Selatan, di Buntok, Senin (19/2/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, DR Deddy Winarwan menyatakan bahwa fokus pembangunan di kabupaten ini sampai pada tahun 2025 yakni pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pemkab menargetkan pertumbuhan ekonomi hingga 2025 sebesar 2,90 persen, katanya usai membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Dusun Selatan, di Buntok, Senin.

"Sementara untuk Indeks Pembangunan Manusia, Pemkab Barsel menargetkan sebesar 70, 40 persen hingga tahun 2025," kata Deddy.

Untuk pembangunan ekonomi, lanjut dia, Pemkab Barsel membuka seluas-luasnya untuk investor menanamkan modalnya di daerah ini dalam upaya menggerakkan perekonomian di Barito Selatan.

"Kita juga sudah meminta kepada jajaran agar terus meningkatkan potensi-potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," terangnya.

Termasuk juga, lanjut dia, meningkatkan potensi-potensi yang ada di pedesaan seperti pariwisata, perikanan, pertanian, perkebunan dan lainnya dalam upaya menggerakkan sektor perekonomian.

Sedangkan untuk pembangunan manusia, pihaknya memastikan seluruh anak dari level Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang merupakan kewenangan kabupaten agar dapat mengikuti pendidikan tersebut secara gratis yang juga didukung dengan pembangunan kesehatan.

"Pada 2024 ini, Barito Selatan sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC) yang mana seluruh masyarakat ditanggung melalui APBD yang bekerja sama dengan BPJS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dengan hanya menunjukkan KTP Barito Selatan.

Dikatakannya, untuk IPM ini juga, pihaknya juga sudah menyediakan beasiswa sejak awal kepemimpinannya sebagai penjabat bupati, baik kuliah ke luar negeri maupun di dalam negeri bagi anak-anak Barito Selatan yang berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu.

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel jelaskan tujuan musrenbang kecamatan

Ia berharap, dukungan dari semua stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan pimpinan serta anggota DPRD untuk bersama-sama bersinergi mewujudkan semua itu demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Acara musrenbang tingkat kecamatan yang berlangsung di aula Bappeda Barito Selatan tersebut dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepala desa serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di wilayah Kecamatan setempat.

Baca juga: Pj Bupati Barsel apresiasi antusiasme masyarakat gunakan hak pilih

Baca juga: Tata kelola pemerintahan Barsel peringkat 1 Kalteng dan 46 nasional

Baca juga: Pj Bupati Barsel tekankan pentingnya netralitas ASN dalam menyukseskan pemilu