Penggunaan teknologi mudahkan masyarakat pantau rekapitulasi penghitungan suara di Gumas

id DPRD Gunung Mas, Gunung Mas, kalteng, gumas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elvi Esie

Penggunaan teknologi mudahkan masyarakat pantau rekapitulasi penghitungan suara di Gumas

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Elvi Esie. ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elvi Esie mengapresiasi sekaligus menyambut baik penggunaan teknologi informasi pada pelaksanaan rapat rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Penggunaan teknologi informasi yang dimaksud yakni pelaksanaan siaran langsung rapat rekapitulasi, melalui akun YouTube Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

"Dengan disiarkan secara langsung melalui YouTube, masyarakat di mana saja dapat melihat serta memantau jalannya rapat rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Gunung Mas," sambungnya.

Artinya, siapa saja yang ingin melihat serta memantau secara rapat rekapitulasi tidak perlu datang ke tempat pelaksanaan yakni di Kuala Kurun. Mereka bisa memantau di mana saja, selama memiliki perangkat dan jaringan internet.

Oleh sebab itu, politisi PDI Perjuangan ini mengapresiasi KPU Gunung Mas, yang telah melakukan siaran langsung pelaksanaan rapat rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten sejak pembukaan hingga penutupan nanti.

Selain itu, dirinya menyampaikan apresiasi kepada para petugas pemilu, aparat keamanan, para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, yang telah berupaya keras menyukseskan pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 lalu.  Legislator Gumas itu juga berharap semua tahapan Pemilu Serentak 2024 di Indonesia, khususnya di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Baca juga: Legislator Gunung Mas sebut beban kerja KPPS harus dikurangi

"Seluruh pihak hendaknya bersama-sama menjaga suasana keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing," kata wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu itu.

Untuk diketahui, KPU Gunung Mas melaksanakan rapat penghitungan suara tingkat kabupaten pada Pemilu Serentak 2024, di Kuala Kurun, 27-29 Februari 2024. Jalannya rapat disiarkan secara langsung di kanal YouTube KPU Gunung Mas.

Siaran langsung ini sekaligus sebagai wujud keterbukaan informasi terhadap publik, terhadap rapat penghitungan suara tingkat Kabupaten Gunung Mas.

Baca juga: Legislator Gunung Mas berharap kebun plasma mampu tingkatkan kesejahteraan petani

Baca juga: Legislator Gumas berharap rapat rekapitulasi penghitungan perolehan suara berjalan aman

Baca juga: Pemkab Gunung Mas buka pendaftaran seleksi calon Paskibraka