Puluhan polisi amankan pleno rekapitulasi Pemilu 2024 di Kalteng

id Kabag Ops Polresta Palangka Raya,Pengamanan Pemilu 2024,Palangka Raya,Kalteng,Kompol Ganda B Napitupulu,kalimantan tengah, kalteng

Puluhan polisi amankan pleno rekapitulasi Pemilu 2024 di Kalteng

Kabag Ops Polresta Palangka Raya Kompol Ganda B Napitupulu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan personel Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengamankan jalannya pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilaksanakan di salah satu hotel di daerah itu.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Palangka Raya Kompol Ganda B Napitupulu, Jumat, mengatakan personel yang diterjunkan pengamanan pleno rekapitulasi Pemilu 2024 sebanyak 63 personel gabungan.

"Personel Polresta Palangka Raya ada 30 anggota plus enam orang anggota Brimob, delapan orang anggota Ditpamobvit Polda Kalteng, 15 anggota Kodim 1016 Plk dan empat orang anggota Satpol PP Palangka Raya total 63 personel," kata Ganda.

Dia menuturkan, untuk pengamanan dilaksanakan hingga proses kegiatan tersebut berakhir. Selama berjalannya proses pleno rekapitulasi surat suara pemilu berjalan aman dan tidak ada gangguan.

Meskipun tidak ada gangguan, puluhan personel yang dilibatkan dalam pengamanan tetap menjalankan tugas dan tupoksinya masing-masing karena mereka sudah ditugaskan sesuai arahan pimpinan.

"Kondisi rekapitulasi dalam kegiatan tersebut sampai sore ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun. Namun puluhan personel tetap bersiaga, takut terjaga adanya gangguan kamtibmas dan lain sebagainya," katanya.

Baca juga: Bawaslu Murung Raya temukan dugaan pelanggaran netralitas ASN

Perwira berpangkat melati satu itu menegaskan, pihaknya akan menindak tegas bagi oknum masyarakat yang ingin merusak kamtibmas pada jalannya proses rekapitulasi perhitungan surat suara tersebut.

Meskipun para peserta atau simpatisan partai ada yang melakukan protes dan lain sebagainya, alangkah baiknya diselesaikan melalui jalur dan mekanisme yang sudah diatur oleh pihak panitia yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Kami berharap gangguan-gangguan tersebut tidak terjadi pada pleno rekapitulasi surat suara tersebut, sehingga KPU nantinya akan segera mengumumkan siapa yang terpilih dalam Pemilu 2024 tersebut," demikian Ganda.


Baca juga: KPU Palangka Raya mulai pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024

Baca juga: Aparat keamanan berperan penting sukseskan pemilu di Mura

Baca juga: Pemkab Gumas: Semua pihak berperan besar sukseskan Pemilu 2024