OJK Kalteng beri pelayanan dan edukasi masyarakat di Ramadhan Festival

id ojk kalteng, otoritas jasa keuangan, pengecekkan slik, sistem layanan informasi keuangan, lembaga jasa keuangan, ramadhan festival, kalimantan tengah

OJK Kalteng beri pelayanan dan edukasi masyarakat di Ramadhan Festival

OJK Kalteng membuka pelayanan pada Ramadhan Festival 1445 Hijriah yang berada di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya, (13/3/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyediakan pelayanan sekaligus melaksanakan kegiatan edukasi keuangan kepada masyarakat dalam gelaran Ramadhan Festival 1445 Hijriah.
 
"OJK hadir bersama Bank Indonesia beserta jajaran lembaga jasa keuangan lainnya yang secara bergiliran meramaikan Ramadhan Festival dengan kegiatan sosialisasi, edukasi maupun pelayanan," terang Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy di Palangka Raya, Jumat.
 
Khusus untuk OJK, dia menjelaskan, dilaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada para pengunjung yang datang ke Ramadhan Festival baik tentang waspada investasi, pinjaman online atau daring ilegal, serta lainnya.
 
"Kami juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengecek SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Katingan-pemprov tingkatkan kolaborasi kendalikan inflasi
 
SLIK merupakan sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.
 
SLIK dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kedit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, pengelolaan sumber daya manusia pada Pelapor SLIK, verifikasi untuk kerja sama Pelapor SLIK dengan pihak ketiga, hingga meningkatkan disiplin industri keuangan.
 
"Kami juga melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang permasalahan dengan lembaga jasa keuangan ataupun lainnya," tuturnya.
 
Sedangkan Bank Indonesia maupun lembaga jasa keuangan lain seperti perbankan yang secara bergantian berkegiatan di Ramadhan Festival, juga memberikan sosialisasi maupun edukasi di antaranya tentang produk-produk layanan keuangan yang dapat diakses.
 
Ramadhan Festival ini diselenggarakan sejak 1-7 Ramadhan 1445 Hijriah, sedangkan bazar dan UMKM dalam gelaran ini diselenggarakan sejak 1-21 Ramadhan 1445 Hijriah.

Baca juga: Tak hanya fasilitasi UMKM, Pemprov Kalteng juga beri pendampingan pada Ramadhan Festival

Baca juga: Wagub paparkan kesiapan Kalteng mengantisipasi karhutla kepada Menko Polhukam

Baca juga: Kepala Disbun Kalteng definitif resmi dilantik