Tekan inflasi, Pemkab Barito Utara gelar Gerakan Pangan Murah

id gerakan pangan murah,inflasi ,barito utara,kalteng,penjabat bupati

Tekan inflasi, Pemkab Barito Utara gelar Gerakan Pangan Murah

Pj Bupati Barito Utara Muhlis didampingi Pj Sekda Jufriansyah, Ketua TP PKK Barito Utara dan pejabat lainnya menyerahkan bantuan beras kepada warga penerima manfaat, pada pembukaan kegiatan Gerakan Pasar Murah di Muara Teweh, Senin (25/3/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) setempat menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah untuk menekan angka inflasi di daerah setempat.

"Saya berharap semoga kegiatan ini, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan pokok pangannya, terlebih lagi pada saat Ramadhan 1445 Hijriah dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024,” kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis di Muara Teweh, Senin. 

Dia mengharapkan, masyarakat yang dikategorikan kurang mampu sangat terbantu dengan kegiatan gerakan pangan murah ini. 

“Harapan kita bersama, gerakan pangan murah ini juga dapat dilaksanakan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Barito Utara," katanya.

Masyarakat, menurut dia, di Kabupaten Barito Utara setiap kecamatan dapat merasakan kegiatan gerakan pangan murah ini. 

Pada kesempatan tersebut, Muhlis menyampaikan terkait dengan kegiatan gerakan pangan murah tingkat Kabupaten Barito Utara ini, kebutuhan akan pangan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang wajib dipenuhi.

“Sehingga apabila terjadi kelangkaan pasokan dan tingginya harga pangan maka dapat berpengaruh pada stabilitas keamanan  dan sosial suatu daerah,” ucap Muhlis.

Selain itu, jelas dia, pengendalian stabilisasi pasokan harga pangan pokok merupakan salah satu agenda nasional yang membutuhkan sinergisitas dari semua lintas sektoral dan komitmen yang  kuat baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun seluruh lapisan masyarakat di dalamnya.

Dia mengatakan, masalah harga dan pasokan bahan pangan pokok harus dikendalikan dengan baik dengan tujuan meminimalisir resiko terjadinya peningkatan inflasi sehingga masyarakat dapat mengakses kebutuhan pangan pokoknya dengan harga terjangkau dengan ketersediaan bahan pangan yang mencukupi kebutuhan bagi seluruh masyarakat untuk mewujudkan masyarakat sehat, aktif dan produktif.

"Dalam rangka stabilisasi pasokan harga pangan salah satu upaya yang dapat dilaksanakan adalah melalui kegiatan gerakan pangan murah yang merupakan wujud dari hadirnya pemerintah dalam menjamin ketersediaan pasokan pangan dengan harga terjangkau," jelas dia.

Muhlis mengatakan ada sedikit penurunan tingkat inflasi dalam sepekan terakhir di wilayah Kabupaten Barito Utara, dari tujuh indeks angka konsumen turun menjadi enam.

Semakin sering di laksanakannya kegiatan pasar atau pangan murah ini akan dapat menekan angka inflasi khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara. 

“Dengan sering digelontorkannya pangan murah seperti ini akan semakin cepat menekan angka inflasi di daerah kita,” katanya.

Seluruh Indonesia memang harga pangan naik, tetapi bagaimana cara di daerah untuk menekan inflasi.

“Kita mengatasinya yaitu dengan cara gerakan-gerakan, seperti pangan murah dan sebagainya,” ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati Barut Safari Ramadhan di Kecamatan Lahei Barat

Selain gerakan pangan murah, kata Muhlis, pihaknya perlu juga melaksanakan gerakan menanam yang harus dilakukan oleh masyarakat di Barito Utara. 

“Seperti tanam cabe , yang mudah mengurusnya dan tidak terlalu ribet walaupun menggunakan pot,” jelas Muhlis.

Muhlis mengharapkan, di setiap rumah, warga masyarakat hendaknya memiliki  tanaman yang dapat menghasilkan. Walaupun satu atau dua pot, tetapi ada menghasilkan sayur untuk konsumsi keluarga.

"Dengan keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan gerakan pangan murah ini khususnya yang merasa mampu dan terlibat akan banyak membantu warga memperoleh kemanfaatan dari penggelontoran pangan murah ini," demikian Muhlis.

Baca juga: Pj Bupati Barito Utara Safari Ramadhan di Gunung Purei

Baca juga: Pemkab Barito Utara dukung pelatihan rescue Basarnas di Buper

Baca juga: Barut adakan forum perangkat daerah untuk akomodir aspirasi masyarakat