Wabup Gunung Mas soroti rendahnya serapan anggaran triwulan I

id Wabup Gunung Mas soroti rendahnya serapan anggaran triwulan I, kalteng, gumas, Gunung mas

Wabup Gunung Mas soroti rendahnya serapan anggaran triwulan I

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing dan lainnya berfoto bersama usai pembukaan rakordalev di Kuala Kurun, Jumat (19/4/2024). ANTARA/HO-PWI Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing menyoroti realisasi serapan anggaran pemerintah kabupaten setempat triwulan I tahun anggaran 2024, di mana untuk pendapatan daerah sebesar 9,77 persen dan belanja daerah sebesar 8,75 persen.

“Padahal target penyerapan anggaran triwulan I seharusnya minimal 20 persen,” ucap dia saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev) Realisasi Pelaksanaan APBD Gunung Mas triwulan I 2024 di Kuala Kurun, Jumat.

Jika melihat realisasi serapan anggaran tersebut, dapat diartikan kinerja perangkat daerah belum optimal. Oleh sebab itu, dia meminta seluruh pihak terkait untuk benar-benar memperhatikan serapan anggaran tersebut supaya lebih baik lagi di triwulan II.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas itu menekankan bahwa rakordalev menjadi momentum penting untuk  mengkaji, mengevaluasi, dan mengendalikan berbagai kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan.

Menurut Efrensia, koordinasi antar perangkat daerah Pemkab Gunung Mas dan para pemangku kepentingan sangat krusial, dalam memastikan keselarasan, efisiensi, dan efektivitas pelaksanaan program-program strategis yang telah direncanakan.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas hibahkan Rp8,3 miliar untuk pengamanan Pilkada 2024

Diapun meminta kepada perangkat daerah untuk meningkatkan kualitas dari perencanaan penganggaran, meningkatkan disiplin pelaksanaan anggaran, melakukan percepatan pengadaan barang/jasa, meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja, serta meningkatkan monitoring dan evaluasi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Gunung Mas, Yantrio Aulia mengatakan rapat bertujuan untuk mengkoordinasikan capaian pembangunan kabupaten, serta mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana pembangunan sampai dengan triwulan I 2024.

Nantinya, tutur dia, hasil rakordaldev ini akan dilaporkan kepada Gubernur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kalteng.

“Peserta rapat adalah tamu undangan dari unsur Forkopimda, seluruh pejabat eselon II di lingkup Pemkab Gunung Mas, seluruh camat, serta pejabat eselon III dan pejabat fungsional yang terundang,” demikian Yantrio.

Baca juga: Arus lalu lintas dialihkan saat perbaikan Jembatan Sei Rawi II

Baca juga: Wabup minta pegawai Pemkab Gumas bekerja lebih semangat usai libur Lebaran

Baca juga: Pemkab Gumas paparkan sejumlah capaian kinerja dalam LKPj 2023