Dewa United menang atas Borneo Hornbills laga IBL

id dewa united ,lawan,Borneo Hornbills ,ibl,2024

Dewa United menang atas Borneo Hornbills  laga IBL

Pebasket Dewa United Banten Kaleb Ramot Gemilang (kedua kiri) berusaha melewati hadangan pebasket Borneo Hornbills Jamarr Andre Johnson (kanan) dan Steve Taylor Jr (kiri) saat lanjutan pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di GOR Laga Tangkas, Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/5/2024). Dewa United Banten menang atas tuan rumah Borneo Hornbills dengan skor 101-93. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/Spt.

Jakarta (ANTARA) - Dewa United Banten berhasil menang atas Borneo Hornbills dengan skor 101-93 dalam laga lanjutan IBL di GOR Laga Tangkas Bogor, walaupun sempat tertinggal 13 poin di babak pertama.


Borneo Hornbills tidak mampu mempertahankan keunggulan 13 poin yang mereka raih di paruh pertama, dan kecolongan di akhir kuarter keempat yang tak bisa diatasi.

Borneo sebenarnya lebih mendominasi permainan hampir di sepanjang laga dengan selalu unggul sampai sebelum lima menit terakhir laga berjalan. Dewa United berhasil membalikkan keadaan dan menjaga keunggulan mereka di lima menit terakhir, dan terus menjaganya hingga laga usai.

Jordan Adams menambah jumlah kemenangan Dewa Unites, sekaligus menambah catatan istimewa sebagai salah satu pemain yang produktif di liga musim ini dengan torehan 33 poin. Adams hampir menyentuh triple-double, jika saja bisa menambahkan satu assist di mana dia juga mencetak 11 rebound dan 9 assist.

"Kami kesulitan di babak pertama. Namun fokus pada defense yang lebih baik, menjadi kunci kemenangan kami hari ini. Borneo tim hebat, mereka juga tampil agresif. Khususnya Michael Qualls, yang harus kami redam," kata Jordan Adams setelah pertandingan usai.



Dari barisan tim inti, Lester Prosper mencetak 15 poin dan 11 rebound untuk Dewa United. Kaleb Ramot Gemilang menambahkan 14 poin, 9 rebound, dan 6 assist. Tavario Miller memberikan kontribusi 12 poin. Sedangkan dari bangku cadangan, Gelvis Solano menyumbang 14 poin, 9 assist, dan 8 rebound.

Dalam situasi yang genting di kuarter ketiga, Borneo justru kurang bagus dalam penyelesaian akhir. Field goals precentage atau akurasi tembakan dalam permainan terbuka mereka turun, dengan hanya memasukkan 5 bola dari total 14 upaya.

Borneo yang sempat tertinggal di kuarter tiga, mampu mengembalikan keunggulan mereka setelah mencetak 7 poin berturut-turut dalam satu setengah menit di kuarter ketiga. Borneo kembali memimpin 73-69 di kuarter tiga.

Memasuki kuarter keempat, Borneo seperti terburu-buru dalam melakukan serangan. Tiga kali gagal dalam penguasaan bola, menjadi situasi yang menguntungkan bagi Dewa United. Tembakan tripoin Lester Prosper di kuarter akhir membuat kedua tim sama kuat (88-88).

Kemudian di sisa 7 menit waktu pertandingan, Dewa United memasukkan 8 poin berturut-turut, untuk membalikkan keadaan menjadi 96-88. Sejak saat itu, Dewa United terus menjaga keunggulannya hingga buzzer berbunyi.

Dari tim Borneo, Steve Taylor Jr. memberikan kontribusi 37 poin dan 13 rebound. Michael Qualls mencetak 20 poin, tujuh rebound, dan empat assist. Sedangkan Akeem Scott dari bangku cadangan membantu dengan 11 poin. Borneo kembali merasakan dua kekalahan berturut-turut dan hanya menang 6 kali dengan menelan 12 kekalahan (6-12).

Pada kemenangan ini merupakan pertandingan ke-15 bagi Dewa United. Sehingga jumlah pertandingan mereka sama dengan Pelita Jaya Jakarta. Tidak hanya itu, setelah kemenangan lawan Borneo, rekor pertandingan Dewa United menjadi 14-1. Rekor yang sama dengan Pelita Jaya.