Ketua DPRD Barut apresiasi tahapan pilkada sesuai regulasi

id mery rukaini,ketua dprd,pilkada 2024,pemilihan bupati dan wakil bupati,barut,nphd,barito utara,kalteng

Ketua DPRD Barut apresiasi tahapan pilkada sesuai regulasi

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah menggelar tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati setempat 2024 dengan regulasi yang sesuai aturan yang berlaku.

Terkait dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak 2024 memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara.

“Hal itu telah diatur dalam Peraturan Bupati Barito Utara Nomor 20 Tahun 2021 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD 2024,” kata Mery Rukaini di Muara Teweh, Selasa. 

Menurut dia, anggaran penyediaan dana hibah kegiatan pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2024 memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara yang dibebankan pada APBD Barito Utara Tahun 2024.

Adapun dana hibah untuk Kepolisian Resort Barito Utara sebesar Rp6.000.000.000,Kodim 1013 Muara Teweh sebesar Rp3.046.000.000 dan untuk Sub Denpom XII/2-3 Muara Teweh sebesar Rp107.560.000.

"Penandatangan NPHD ini merupakan komitmen dan keseriusan Pemkab Barito Utara dalam mewujudkan keamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah agar dapat terlaksanakan sesuai dengan tahapan  yang telah disusun oleh KPU Barito Utara," kata Mery.

Dirinya juga meminta kepada penerima dana hibah pengamanan Pilkada Serentak 2024 agar nantinya dapat mempergunakan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaannya sesuai dengan Peraturan Bupati Barito Utara Nomor 20 Tahun 2021 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial.

“Kita semua berharap sinergisitas antara Pemkab Barito Utara dengan penyelenggara pemilu dan aparatur pengamanan pilkada agar terus dapat ditingkatkan. Sehingga semua rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah gubernur, wakil gubernur dan bupati, wakil bupati Barito Utara dapat terselenggara dan terlaksanakan dengan baik dan lancar,” kata Ketua DPRD Barito Utara.