Legislator: FBIM tumbuhkan kecintaan seni budaya di kalangan generasi muda

id Legislator:FBIM tumbuhkan kecintaan seni budaya di kalangan generasi muda, kalteng, Palangka raya, Festival Budaya isen mulang

Legislator: FBIM tumbuhkan kecintaan seni budaya di kalangan generasi muda

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Wahid Yusuf menilai, pagelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang belum lama ini lalu digelar di kota ini, dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya di kalangan generasi muda.

"Melalui kegiatan itu generasi muda menjadi mengetahui, mengenal, mencintai dan juga melestarikan seni budaya serta olahraga tradisional yang dimiliki daerah ini," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Menurut Wahid, perkembangan pada era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini menyebabkan beragam kesenian dan budaya dari luar negeri dengan mudah masuk ke Indonesia, termasuk di Kota Palangka Raya.

Hal tersebut terlihat dari aktivitas anak-anak dan generasi muda di zaman ini yang lebih sering memainkan game online atau bermedia sosial.

"Keberadaannya itu mengancam kecintaan dan kelestarian terhadap permainan tradisional," ucapnya.

Baca juga: Legislator: Pemerintah diminta lakukan seleksi CPNS secara transparan

Memang ia mengakui kini sejumlah game online telah masuk dalam salah satu cabang olahraga di tingkat Sea Games dan Asian Games, namun hal tersebut bukan berarti para generasi muda harus meninggalkan kesenian budaya daerah.

Menurutnya, seni budaya merupakan suatu ciri khas dari tempat seseorang itu lahir dan tinggal, yang harus menjadi pengetahuan dan senantiasa dalam melestarikannya.

"Jangan sampai nanti ketika ada generasi muda di daerah kita yang bersekolah atau berkompetisi di luar daerah dan ditanya apa seni budaya atau makanan khas asal Kota Palangka Raya justru tidak tahu atau tidak bisa menjawab.

Untuk itu dengan adanya FBIM yang mempertandingkan berbagai cabang lomba di bidang seni budaya dan olahraga tradisional, legislator asal Golkar Kota Palangka Raya ini berharap akan mampu menumbuhkan serta perkuat kecintaan terhadap seni budaya dan olahraga tradisional di tengah kemajuan teknologi.

"Kami ingin kecintaan generasi muda terhadap seni budaya dan permainan tradisional dapat semakin tumbuh," demikian Wahid Yusuf.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta gencar edukasi kesehatan remaja bagi pelajar

Baca juga: Usaha ayam potong di Palangka Raya sangat menguntungkan

Baca juga: Penjabat Wali Kota Palangka Raya salurkan bantuan untuk korban kebakaran