Herson B Aden resmi dilantik sebagai Pj Bupati Gunung Mas

id pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, penjabat bupati gumas, herson b aden, kuala kurun, gunung mas

Herson B Aden resmi dilantik sebagai Pj Bupati Gunung Mas

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melantik Penjabat Bupati Gunung Mas Herson B Aden di Palangka Raya, Senin (27/5/2024). (ANTARA/Auliya Rahman)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran resmi melantik Herson B. Aden sebagai Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas (Gumas) di Palangka Raya, Senin.
 
"Saya minta Pak Herson agar dapat melihat kebutuhan pembangunan di Gunung Mas, baik menindaklanjuti isu strategis nasional seperti stunting, menguatkan ketahanan pangan, serta lainnya," kata Sugianto Sabran.
 
Pelantikan Herson sebagai Pj Bupati Gumas dilakukan bertepatan dengan upacara peringatan Hari Jadi ke-67 Kalimantan Tengah. Dalam kesempatan ini juga sekaligus diserahkan SK Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat Bupati Barito Selatan dan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat.
 
Lebih lanjut Sugianto mengatakan, pelantikan maupun perpanjangan SK Penjabat Bupati yang dilaksanakan bertepatan dengan upacara peringatan hari jadi, menjadi momentum dirinya mengajak para kepala daerah untuk bisa memaknai Hari Jadi Kalimantan Tengah dengan tepat.
 
"Yakni bersama-sama bekerja lebih keras lagi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, sebagai tanda besarnya pengabdian dan cinta kita kepada Kalimantan Tengah," tegasnya.

Baca juga: Gubernur: Kalteng Bersholawat sebagai bentuk ungkapan syukur
 
Menurutnya, salah satu pekerjaan rumah yang saat ini memerlukan upaya percepatan penurunan adalah stunting atau tengkes. Dampak stunting bukan hanya soal tinggi badan, tetapi juga berkaitan dengan rendahnya kemampuan belajar anak, keterbelakangan mental, hingga mudahnya penyakit kronis masuk.
 
"Untuk itu, perlu sinergi kita bersama, lintas sektor, mulai dari
pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kelurahan/desa dalam penanganannya," ujarnya.
 
Adapun berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI), angka prevalensi stunting Kalimantan Tengah mengalami penurunan sebesar 3,4 persen, dari sebelumnya 26,9 persen pada 2022 kini menjadi 23,5 persen pada 2023.
 
Selain itu, dalam kesempatan tersebut Gubernur Sugianto Sabran juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Jaya S. Monong dan Efrensia L.P. Umbing, atas pengabdiannya selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas Periode 2019-2024.

Baca juga: Perputaran ekonomi capai miliaran rupiah selama FBIM 2024

Baca juga: FBIM 2024 resmi berakhir, berikut daftar juara berbagai lomba

Baca juga: Pemprov Kalteng: Rembuk stunting jadikan penanganan semakin terintegrasi