Makkah telah laksanakan 6 operasi jantung dan 68 kateterisasi jamaah haji

id klaster kesehatan makkah,operasi jantung,kateterisasi jantung,jamaah haji,haji,makkah,arab saudi

Makkah telah laksanakan 6 operasi jantung dan 68 kateterisasi jamaah haji

Pasien yang juga jamaah calon haji Indonesia antre dalam kegiatan jemput bola Poli Risti (risiko tinggi) Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah di klinik kesehatan Sektor 9, Misfalah, Makkah, Rabu (29/5/2024). Tim dokter spesialis Poli Risti KKHI melakukan jemput bola pasien dengan mendatangi setiap sektor jamaah Indonesia berada untuk melakukan deteksi dini hingga pengobatan bagi pasien berisiko tinggi seperti penyakit jantung, paru, dan penyakit dalam. Sigid Kurniawan/MCH 2024 (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Makkah (ANTARA) - Klaster Kesehatan Makkah, Sabtu (8/6), menyampaikan telah memberikan layanan kepada lebih dari sebanyak 6.897 jamaah yang mengunjungi unit gawat darurat di sejumlah rumah sakit afiliasi mereka sejak sekitar Mei hingga 7 Juni 2024.


Klaster tersebut melaporkan bahwa dari sebanyak 2.034 jamaah haji yang telah mengunjungi pusat kesehatan itu, telah dilakukan hingga enam operasi jantung terbuka dan 68 prosedur kateterisasi jantung, mulai dari operasi terapeutik hingga diagnostik.

Baca juga: Pemerintah Arab Saudi siagakan pengamanan ketat jamaah calon haji

Baca juga: Penimbangan koper kepulangan haji Indonesia mulai 13 Juni 2024

Baca juga: Klinik Indonesia siapkan empat tim kesehatan saat puncak haji


Hal tersebut merupakan bagian dari layanan komprehensif yang disiapkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk merawat para jamaah haji.
 
Jamaah calon haji berjalan menuju terminal Syib Amir di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (4/6/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom/am.


Selain itu, ada 160 sesi dialisis ginjal, dan tim kesehatan mendidik lebih dari 220 ribu jamaah melalui berbagai sarana elektronik, yaitu layar digital di area Masjidil Haram, dan kunjungan lapangan di jalan-jalan dan alun-alun kota Makkah.

Klaster tersebut juga mencatat bahwa 805 jamaah dirawat di bangsal rumah sakit, dengan 176 kasus dirawat di unit perawatan intensif dan 23 endoskopi dilakukan untuk jamaah. Hanya dua kasus kelelahan akibat panas yang tercatat, demikian Saudi Press Agency.

Baca juga: PPIH siapkan 10 bus per maktab untuk angkutan puncak haji

Baca juga: Calon haji dibekali kerikil lontar jumrah sejak di Arafah

Baca juga: Pemerintah Arab Saudi luncurkan dompet digital untuk haji dan umrah

Baca juga: Standar RPH pelaksanaan Dam jamaah haji Indonesia ditetapkan