Disdukcapil Palangka Raya serahkan 36 KK kepada korban kebakaran

id Disdukcapil Palangka Raya serahkan 36 KK pada korban kebakaran, kalteng, Palangka raya, sosial

Disdukcapil Palangka Raya serahkan 36 KK kepada korban kebakaran

Disdukcapil Palangka Raya serahkan 36 KK pada korban kebakaran di Palangka Raya. ANTARA/HO-BPBD Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan 36 Kartu Keluarga (KK) baru kepada para korban kebakaran di Flamboyan Bawah yang merupakan daerah padat penduduk di Bantaran Sungai Kahayan, kota setempat.

"KK baru yang telah kami serahkan tersebut sebagai pengganti kartu keluarga yang tidak terselamatkan pada musibah kebakaran beberapa waktu lalu," kata Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, Sabirin Muhtar di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, pada prosesnya, penerbitan KK baru tersebut dilakukan secara kolektif berdasar data yang dihimpun aparat RT dan Kelurahan. Usai dinyatakan sudah sahih, kemudian dilakukan pelacakan data hingga akhirnya KK baru kembali diterbitkan.

"KK ini sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia sebagai bagian dari administrasi kependudukan yang wajib dimiliki. Data kependudukan pada KK ini pun menjadi syarat utama pada sejumlah layanan yang diberikan pemerintah," katanya.

Untuk itu, pihaknya bersama berbagai pihak terkait selalu bergerak cepat dan memberikan prioritas layanan kependudukan bagi masyarakat yang tertimpa musibah.

Penata Kebencanaan pada BPBD Kota Palangka Raya Anna Menur Arum Ambarsari mengapresiasi Disdukcapil yang telah memberikan perhatian khusus kepada para korban kebakaran.

Baca juga: PASI Kalteng targetkan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

“Kerja sama ini sangat penting untuk memastikan bahwa para korban mendapatkan hak-hak mereka dengan cepat. Kami akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu pemulihan warga terdampak kebakaran,” katanya.

Dia mengatakan, sebagai koordinator penanganan kebencanaan, BPBD Kota Palangka Raya sangat memahami betapa pentingnya dokumen administrasi kependudukan bagi para masyarakat.

Oleh karena itu, kolaborasi antar instansi pemerintah ini sebagai bentuk berkomitmen untuk memberikan layanan yang cepat dan tepat agar masyarakat dapat melanjutkan kehidupan mereka tanpa kendala administratif.

Kebakaran yang terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di Komplek Perumahan Flamboyan Bawah yang terjadi Senin (20/5/2024) sekitar pukul 10.30 WIB.

Pada kejadian itu setidaknya 30 rumah berbahan kayu hangus terbakar. Sampai saat ini, sejumlah korban masih tinggal di pengungsian yang disiapkan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Baca juga: Penjabat wali kota ingatkan ASN jaga sikap netral selama Pilkada 2024

Baca juga: Kejari Palangka Raya musnahkan barang bukti dari 85 perkara

Baca juga: Disdik Palangka Raya pastikan peserta didik di SD lulus 100 persen