Jalur prestasi diminati peserta PPDB di Palangka Raya

id Jalur prestasi diminati peserta PPDB di Palangka Raya, kalteng, Palangka raya, pendidikan, ppdb

Jalur prestasi diminati peserta PPDB di Palangka Raya

Salah seorang siswa pada saat melengkapi berkas administrasi pendaftaran peserta didik baru melalui jalur prestasi di SMP Negeri 2 Palangka Raya, Rabu (19/6/2024). ANTARA/Auliya Rahman

Palangka Raya (ANTARA) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi ternyata cukup diminati dan dipilih oleh peserta di Palangka Raya, meski bagi sebagian orang jalur ini dinilai berat.

Salah seorang warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Katriana, mendaftarkan buah hatinya, yakni Tania Jenivar, di SMP Negeri 2 Palangka Raya pada proses PPDB melalui jalur prestasi.

"Saya memilih jalur prestasi, karena anak saya berpretasi di bidang non akademik, yakni di cabang olahraga atletik," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dirinya menjelaskan alasannya memilih SMP Negeri 2 Palangka Raya sebagai sekolah anaknya, karena lokasi sekolah yang dekat dengan Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Kalimantan Tengah.

Dengan begitu, dirinya berharap anaknya dapat diterima bersekolah di SMP Negeri 2 Palangka Raya sehingga usai bersekolah, anaknya dapat melanjutkan latihan tanpa menempuh jarak yang jauh.

"Selain itu SMP Negeri 2 Palangka Raya juga merupakan salah satu sekolah favorit, sehingga saya yakin di sekolah ini anak saya bisa lebih mengembangkan prestasi nya, baik di bidang akademik maupun non akademik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMP Negeri 2 Palangka Raya, Ubut mengatakan, bahwa pada PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 ini SMP Negeri 2 Palangka Raya menyediakan kuota sebanyak 330 orang.

Dari kuota tersebut, terdiri dari jalur zonasi sebanyak 198 orang, jalur afirmasi sebanyak 66 orang, jalur prestasi sebanyak 49 orang dan jalur perpindahan orang tua sebanyak 17 orang.

Baca juga: PLN masuk 10 besar perusahaan terbaik Asia Tenggara versi Fortune

"Memang setiap tahunnya SMP Negeri 2 Palangka Raya ini menjadi salah satu sekolah yang paling banyak didatangi oleh orang tua untuk mendaftarkan anaknya," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa PPDB di SMP Negeri 2 Palangka Raya resmi dimulai sejak 19 Juni 2024 hingga pengumuman hasil PPDB pada 24 Juni 2024.

Kemudian, bagi para siswa yang dinyatakan lolos PPDB, akan melakukan pendaftaran ulang pada 25 hingga 26 Juni 2024, kemudian siswa tersebut akan mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah pada 8 hingga 10 Juli 2024.

"Hingga saat ini masih banyak para orang tua yang terlalu terburu-buru sehingga tidak memperhatikan dengan benar berkas administrasi nya apakah sudah lengkap atau tidak," tuturnya.

Lebih lanjut Ubut menyontohkan, masih banyak para orang tua yang mendaftarkan anaknya melalui jalur prestasi namun tidak melampirkan bukti sertifikat atau piagam prestasi anaknya.

Kemudian pada jalur afirmasi, banyak orang tua yang tidak melampirkan kartu tidak mampu pada saat menyerahkan berkas pendaftaran ke SMP.

"Namun kami memberikan edukasi dengan baik kepada para orang tua agar dapat melengkapi berkas dan kembali ke SMP Negeri 2 Palangka Raya ketika berkas administrasi nya telah lengkap," demikian Ubut.

Baca juga: Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah Kalteng laksanakan aksi tanam pohon

Baca juga: Anggota DPR RI bagikan daging kurban kepada warga tidak mampu di Kalteng

Baca juga: DPRD ajak masyarakat tingkatkan kunjungan ke tempat wisata Palangka Raya