BUMDes Tarung Pio wakili Mura ikuti lomba di tingkat provinsi

id BUMDes Tarung Piowakili Mura ikuti lomba di tingkat provinsi, kalteng, mura, murung Raya, ekonomi

BUMDes Tarung Pio wakili Mura ikuti lomba di tingkat provinsi

Kegiatan penilaian lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalimantan Tengah  yang dilaksanakan di Desa Dirung Lingkin Kecamatan Tanah Siang Selatan, Selasa (25/6/2024). ANTARA/ Diskominfo SP Murung Raya.

Puruk Cahu (ANTARA) - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tarung Pio yang dikelola oleh Pemerintah Desa Dirung Lingkin Kecamatan Tanah Siang Selatan Kabupaten Murung Raya mengikuti lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Keikutsertaan BUMDes Tarung Pio tersebut setelah mengikuti penilaian dari tim penilai provinsi yang berlangsung di Desa Dirung Lingkin, kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya, Rudie Roy di Puruk Cahu, Selasa.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi desa serta mendorong meningkatkan pembangunan perekonomian masyarakat desa. Saya ucapkan selamat dan sukses kepada BUMDes Tarung Pio Desa Dirung Lingkin dalam rangka penilaian lomba BUMDes se-provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024,” katanya.

Hadir dalam kegiatan penilaian itu  dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten setempat, Lynda Kristiane.

Sementara itu Kepala DPMD Murung Raya, Lynda Kristiane mengatakan, selama ini pendamping desa selalu bersinergi dengan desa  dalam rangka meningkatkan pembangunan di wilayah desa masing-masing.

Baca juga: DPRD Mura dorong bantuan alat damkar hingga ke tingkat desa

“Harapan saya ini dengan adanya tim pendamping desa dan pendamping lokal desa dapat mensosialisasi tentang indeks desa membangun seperti yang dilaksanakan di kecamatan lainnya, karena masih banyak desa yang tidak memahami bahkan tidak mengetahuinya,” tambahnya.

Ketua tim penilai lomba BUMDes Provinsi Kalimantan Tengah, Murtadho Bisri menekankan pendamping desa tugasnya nanti mendampingi pemerintah desa, baik dalam urusan pemerintahan, pemberdayaannya maupun urusan pembangunan di desa.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa penguasaan regulasi, kompetensi manajemen dan pengembangan pengelolaan usaha BUMDes sangat perlu diperhatikan.

Ia juga menyampaikan informasi tentang hadiah lomba bagi para juara yakni berupa uang permodalan dan piagam penghargaan. Juara I akan mendapat hadiah sebesar 50 juta rupiah, juara II sebesar 25 juta rupiah dan Juara III sebesar 15 juta rupiah. Sedangkan untuk juara 4 juara 5 juara 6 nanti akan dipastikan dalam bentuk piagam penghargaan.

Baca juga: Tingkatkan ekonomi warga, DPRD minta Pemkab Mura pacu desa wisata

Baca juga: Pemkab Murung Raya sosialisasikan Pajak Tarif Efektif Rata-rata

Baca juga: Perkuat peran di daerah, ICMI Murung Raya studi banding ke Yogyakarta