Ratusan peserta dari berbagai kecamatan semarakkan festival seni budaya di Kapuas

id Pemkab kapuas, festival seni budaya tingang menteng panunjung tarung, festival seni dan budaya, kapuas, kuala kapuas, bupati kapuas, ben brahim s baha

Ratusan peserta dari berbagai kecamatan semarakkan festival seni budaya di Kapuas

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat beserta jajaran memukul katambung tanda dimulainya Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung 2023, Kuala Kapuas, Sabtu (11/3/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung 2023 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah digelar rangka Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun Pemkab Kapuas.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan seni budaya kita dan juga meningkatkan tali silaturahmi antar peserta dari masing-masing kecamatan," kata Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Kuala Kapuas, Sabtu.

Ben berpesan kepada para peserta yang mengikuti lomba Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung untuk tetap bersemangat menampilkan seni budaya yang tebaik.

“Menang atau kalah itu sudah biasa, yang terpenting adalah kita tetap hadir untuk menjalin silaturahmi,” terangnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng sediakan 1.000 paket sembako murah di Kapuas

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, Aguste mengatakan, festival seni budaya ini merupakan agenda tahunan sekaligus persiapan mengikuti berbagai agenda serta sebagai duta kebudayaan daerah.

Untuk peserta yang mengikuti lomba Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung ini, diikuti sebanyak 15 dari 17 kecamatan di daerah setempat.

"Kita sangat bersyukur sekali karena jumlah peserta untuk tahun ini meningkat yakni ada sebanyak 903 peserta," kata Aguste.

Adapun seni budaya yang dilombakan terdiri dari tari pedalaman, karungut, lawang sakepeng, bagasing, balogo, lomba menyipet atau menyumpit serta pemilihan putra-putri pariwisata.

“Untuk lomba menyipet atau menyumpit ini, tidak hanya diikuti peserta dari Kapuas, namun juga diikuti peserta berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur,” ucapnya.

Baca juga: Ben Brahim minta ASN di Kapuas kerja dengan penuh tanggung jawab