Bantuan peralatan usaha bangkitkan perekonomian di Palangka Raya

id DPKUKMP Palangka Raya,Kalteng,Bantuan Peralatan Pelaku Usaha ,Palangka Raya,Pelaku UMK

Bantuan peralatan usaha bangkitkan perekonomian di Palangka Raya

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (kedua kiri) menyerahkan bantuan peralatan usaha untuk pelaku usaha di daerah setempat dan langsung disaksikan oleh kepala DPKUKMP Kota setempat Samsul Rizal (paling kanan) di Palangka Raya. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Bantuan peralatan usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) yang disalurkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat dapat membangkitkan perekonomian di daerah itu.

Kepala Dinas DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal, Minggu, mengatakan pemberian bantuan tersebut adalah salah satu cara  meningkatkan kapasitas dan daya saing Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota setempat, serta mendorong dan menggairahkan kegiatan perekonomian di Palangka Raya yang tentu saja membutuhkan kerja sama dan kerja keras seluruh pemangku kepentingan.

"Sebagai bentuk perhatian serius dan komitmen  Pemkot Palangka Raya kepada pelaku usaha dengan cara memberikan bantuan yang disalurkan melalui DPKUKMP setempat berupa bantuan peralatan usaha untuk UMK," kata Samsul Rizal.

Dia menuturkan, pemkot setempat melalui instansi terkait tidak henti-hentinya berupaya melakukan pemberdayaan kepada pelaku usaha agar dapat naik kelas.

Maka dari itu, salah satunya melalui bantuan peralatan usaha diharapkan bantuan ini selain dapat membantu alat kerja dari usaha yang sudah berjalan.

"Juga dapat meningkatkan pendapatan dan meringankan beban pelaku usaha. Kami berharap dapat merubah mindset dari yang biasanya menerima bantuan sosial (bansos) menjadi berwirausaha dan mandiri. Upaya itu butuh kerja keras, tetapi bukan mustahil untuk diwujudkannya," bebernya.

Samsul Rizal mengungkapkan, pemberian bantuan peralatan usaha tersebut dibagi menjadi dua tahapan. Beberapa minggu yang lalu DPKUKMP Palangka Raya menyerahkan sebanyak 29 peralatan untuk pelaku usaha untuk warga Kameloh Baru, Kecamatan Sabangau.

Kemudian belum lama ini penyerahan bantuan serupa yang dilaksanakan di kantor DPKUKMP Kota Palangka Raya, sebanyak 21 bantuan untuk pelaku usaha dari berbagai kelurahan.

"Jadi total bantuan peralatan usaha kerja tersebut sebanyak 50 unit. Penerima bantuan tersebut tidak boleh diwakilkan dan wajib mengikuti perjanjian yang telah disepakati antara pelaku usaha dan instansi terkait," bebernya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, pelaku usaha yang menerima bantuan tersebut juga berjanji tidak boleh memindahtangankan atau menjual peralatan tersebut ke orang lain.

"Apabila kedapatan memindah tangankan peralatan usahanya tersebut, tentunya akan dikenakan sanksi sesuai perjanjian. Bagi pelaku usaha yang menerima bantuan tersebut juga akan dilakukan penilaian apakah digunakan dengan baik atau tidak," demikian Samsul Rizal.