Film 'Inside Out 2' kantongi Rp16,3 triliun pada pekan ketiga

id Inside Out 2, Film animasi

Film 'Inside Out 2' kantongi Rp16,3 triliun pada pekan ketiga

Poster film "Inside Out 2". (ANTARA/HO-Disney Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Film animasi dari Disney dan Pixar "Inside Out 2" berhasil mengumpulkan total pendapatan sebesar 1 miliar dolar AS atau setara Rp16,3 triliun pada hari ke-19 penayangannya di layar lebar, salah satu yang tercepat diraih oleh sebuah film animasi.

Dilansir dari The Hollywood Reporter pada Senin, film "Inside Out 2" masih berada di puncak box office pada akhir pekan ketiga penayangan dengan pendapatan di bioskop domestik Amerika Utara sebesar 57,4 juta dolar AS (Rp894 miliar) dan pendapatan bioskop internasional sebesar 108 juta dolar AS (Rp1,7 triliun).

Dengan begitu, pendapatan yang diperoleh film tersebut sejak hari pertama penayangannya yakni 463 juta dolar AS (Rp7,5 triliun) di bioskop Amerika Utara dan 545 juta dolar AS (Rp8,9 triliun) di bioskop internasional sehingga apabila diakumulasikan menjadi kurang lebih 1 miliar dolar AS.

Baca juga: Jumpalitan dunia Riley saat beranjak remaja di "Inside Out 2"

Baca juga: "Inside Out 2" cetak pekan pembuka terbesar kedua untuk film animasi


"Inside Out 2" adalah film pertama yang bergabung dengan deretan film yang menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar AS di box office global sejak film "Barbie" yang tayang hampir setahun lalu.

Untuk kategori film animasi, film ini adalah film ke-11 yang berhasil meraih pencapaian tersebut. Film animasi Disney mendominasi daftar ini, yakni sebanyak 8 film, baik yang diproduksi Pixar maupun Walt Disney Animation.

Disutradarai oleh Kelsey Mann, film sekuel ini memperkenalkan emosi-emosi baru dalam diri karakter utama bernama Riley yang sudah beranjak remaja di antaranya Anxiety, Envy, Ennui, dan Embarrassment.

Deretan aktor yang menjadi pengisi suara film ini antara lain Amy Poehler, Maya Hawke, Kensington Tallman, Liza Lapira, Tony Hale, Lewis Black, Phyllis Smith, Ayo Edebiri, Lilimar, Grace Lu, Sumayyah Nuriddin-Green, Adèle Exarchopoulos, Diane Lane, Kyle MacLachlan, Paul Walter Hauser, dan Yvette Nicole Brown.