Tim anggar Kalteng uji coba ke Jawa Barat

id Cabor Anggar,Palangka Raya,Kalteng,PON ,Jawa Barat

Tim anggar Kalteng uji coba ke Jawa Barat

Atlet Anggar Kalteng bertolak ke Jawa Barat untuk melakukan uji coba menjelang PON XXI Aceh-Sumut, Rabu (3/7/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dari cabang olahraga (cabor) anggar Kalimantan Tengah bertolak ke Kota Bandung, Jawa barat untuk melaksanakan uji coba guna melihat kemampuan atletnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kalteng, M. Rasad Samuel di Palangka Raya, Rabu, mengatakan selain jadi ajang uji coba juga melihat kemampuan individu atlet selama melaksanakan latihan.

"Uji coba dijadwalkan selama satu minggu ke depan, setelah itu kami akan melihat perkembangan di lapangan. Pada intinya cabor anggar ingin memberikan yang terbaik dalam PON serta menyumbangkan medali," kata Rasad.

Ia menuturkan, hal ini tentunya menjadi tekad yang kuat bagi cabor Anggar karena selalu berhasil lolos mengikuti PON. Namun dalam keikutsertaan baik PON Jawa Barat dan PON XX Papua 2021, cabor anggar  belum berhasil menyumbang medali bagi Kalteng.

Tentunya itu juga menjadi tantangan berat bagi atlet, pelatih terlebih Pengprov IKASI Kalteng membina cabor anggar.

"Semoga PON tahun ini bisa membawa pulang medali, karena akan menjadi kebanggaan seorang atlet, pelatih juga Pengprov IKASI," ucapnya.

Baca juga: Atlet di Palangka Raya diminta berlatih maksimal hadapi PON XXI Aceh

Dia mengungkapkan, pemusatan latihan provinsi (pelatprov) yang diselenggarakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng bagi cabor anggar sudah dilaksanakan sejak awal Mei 2024.

Bahkan saat ini juga sudah memasuki tiga bulan, pelatprov sesuai jadwal program harus uji coba keluar provinsi mengukur kemampuan atlet.

"Pada intinya selama empat bulan pelatprov akan maksimalkan mempersiapkan atlet anggar siap bertanding di PON 2024 yang jatuh pada September mendatang," bebernya.

Lebih lanjut, cabor anggar berhasil meloloskan dua atlet menuju PON  yakni Agung Reinaldy dan Hanna Enperwitasari.

Kedua atlet tersebut, berlatih di lapangan pameran Jalan Temanggung Tilung dan di halaman kantor Dispora Provinsi untuk melatih kelincahan dalam pergerakan dan aktivitas gerak.

"Doakan saja agar PON tahun ini, cabor anggar bisa bermedali karena semua cabor punya tekad sama ingin jadi juara," tegasnya.

Ketua Umum KONI Kalteng, Rahmat Hidayat meminta cabor memaksimalkan waktu tersisa empat bulan. Rentang waktu pemusatan latihan mulai Mei hingga akhir Agustus.
 
"Bagi cabor latihan di luar Kalteng sebaiknya langsung menuju Aceh atau Sumatra Utara mengikuti PON sesuai tempat bertanding pada September mendatang," demikian Rahmat Hidayat.

Baca juga: Atlet Drumband Kalteng perkuat daya tahan tubuh jelang PON Aceh-Sumut

Baca juga: PASI Kalteng targetkan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

Baca juga: Atlet Anggar Kalteng tingkatkan porsi latihan hadapi PON Aceh-Sumut