Atlet Drumband Kalteng perkuat daya tahan tubuh jelang PON Aceh-Sumut

id Drumband Kalteng ,Kotim ,Palangka Raya,Kalteng,PON Aceh-Sumut 2024

Atlet Drumband Kalteng perkuat daya tahan tubuh jelang PON Aceh-Sumut

Atlet Drumband Kalteng yang akan berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024 melaksanakan latihan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi   

Palangka Raya (ANTARA) - Atlet Drumband Kalteng yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut), saat ini memfokuskan diri dengan melatih daya tahan tubuh serta fisik pada pemusatan latihan provinsi (pelatprov) di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sekretaris Pengprov Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kalteng, Wim Benung di Palangka Raya, Rabu, mengatakan latihan atlet drumband sampai saat ini berjalan dengan lancar. Bahkan saat ini pelatih melatih atlet difokuskan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kekuatan fisik mereka.

"Kami melakukan endurance dengan melakukan fartlek atau lari-lari selama 1 jam. Kemudian, speed endurance lari 12 meter. Putra minimal 2.400 meter dan putri minimal 2.000 meter. Dan lari 300 meter waktu tempuh 1 menit," kata Benung.

Ia menuturkan, bahwa para atlet juga dilatih kekuatan fisik agar atlet ketika melaksanakan pertandingan fisiknya kuat, sebab drumband ini membawa alat-alat musik yang berat dan nanti ada gerakan-gerakan sehingga diperlukan fisik yang kuat.

"Ya selain itu kami mereka juga melakukan strength dan masih dengan beban sendiri. Selanjutnya melakukan push up, sit up, wall sit, plank, site plank, high knee dan jump squat," ucap Benung meneruskan informasi dari Pelatih Drumband Kalteng.

Baca juga: Panahan cabang olahraga unggulan Kalteng di PON 2024

Dia juga melanjutkan, bahwa progres pelatprov untuk saat ini yakni untuk Lomba Unjuk Gelar (LUG) sudah 75 persen, Lomba Baris Berbaris (LBB) sudah 80 persen, Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) baik putra, putri dan mix 85 persen, Lomba Berbaris Jarak pendek (LBJP) putra, putri dan mix 75 persen.

"Sampai saat ini pelatih juga memfokuskan pada mata lomba LUG, LKKB Putra, LBJP Putra," bebernya.

Diketahui, bahwa Drumband Kalteng yang ikut PON 2024 Aceh-Sumut nanti ada sebanyak 28 orang, dimana mengikuti sebanyak 17 nomor lomba.

"Saya meminta kepada seluruh masyarakat Kalteng untuk bersama-sama mendoakan dan selalu mendukung atlet kami, sehingga pada PON nanti kami berhasil meraih medali," demikian Wim Benung.

Baca juga: PASI Kalteng targetkan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

Baca juga: Takraw Putri Kalteng jajal kemampuan atlet tiga daerah jelang PON

Baca juga: Atlet Pencak Silat PON Kalteng training camp tiga bulan di Malang